Kapolri Gelar Pembicaraan Bilateral dengan Wakil Jaksa Agung AS

Senin, 19 November 2018 - 16:44 WIB
Kapolri Gelar Pembicaraan Bilateral dengan Wakil Jaksa Agung AS
Kapolri Gelar Pembicaraan Bilateral dengan Wakil Jaksa Agung AS
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menerima permintaan pertemuan bilateral Wakil Jaksa Agung Amerika Serikat Rod K Rosenstein.

Pembicaraan tersebut digelar di sela-sela Sidang Umum Interpol ke-87 yang berlangsung di Madinat Jumeirah Convention & Events Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu 18 November 2018

Dalam pertemuan yang berlangsung santai dan penuh keakraban tersebut, dibahas beberapa topik terkait upaya peningkatan kerja sama bidang penegakan hukum.

Wakil Jaksa Agung AS menyampaikan kerja sama Pemerintah AS dengan Polri dalam bidang penegakan hukum merupakan kerja sama sangat strategis.

Dia berharap kerja sama dengan Polri dapat terus terselenggara dengan baik di masa-masa selanjutnya, baik dalam bidang operasional maupun dalam bidang peningkatan kapasitas.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri mengatakan, kerja sama bidang penegakan hukum antara Polri dan Pemerintah AS selama ini terselenggara dengan sangat baik.

"Salah satu yang paling menonjol adalah kerja sama peningkatan kapasitas (capacity building) yang diwujudkan dengan berbagai bentuk program pendidikan dan pelatihan kepada personel Polri. Hal tersebut telah memberikan manfaat besar dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel Polri dalam penegakan hukum," kata Kapolri dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (19/11/2018).

Kapolri sepakat kerja sama tersebut harus terus ditingkatkan. Tujuannya untuk menghadapi perkembangan berbagai kejahatan berdimensi baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan terjadi secara lintas batas negara/ transnational crime, seperti berbagai bentuk kejahatan siber serta kejahatan ekonomi dan keuangan lintas negara.

Dalam kaitan tersebut, keberadaan Jakarta Centre for Law Enforcement Centre (JCLEC) di Akademi Kepolisian, Semarang menjadi potensi besar yang dapat terus dikembangkan. Program pendidikan dan latihan yang diselenggarakan di JCLEC dapat dirancang sesuai kebutuhan.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolri didampingi Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Pol HS Maltha, serta Sekretaris NCB-Interpol Indonesia Brigjen Pol Napoleon Bonaparte.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7311 seconds (0.1#10.140)