Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Cak Imin: Emang Cerdas Cermat!

Jum'at, 14 September 2018 - 16:10 WIB
Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Cak Imin: Emang Cerdas Cermat!
Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Cak Imin: Emang Cerdas Cermat!
A A A
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai usulan debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) menggunakan bahasa Inggris sebagai kampanye negatif terhadap Joko Widodo.

"Tetapi usulan itu lebih kepada kampanye negatif saja terhadap Pak Jokowi. Jangan dikira Pak Jokowi bahasa Inggrisnya jelek, enggak. Lumayan bagus juga," tutur Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Menurut politikus yang dikenal dengan nama Cak Imin ini menilai debat capres-cawapres bukan cerdas cermat.

"Memangnya ini cerdas cermat apa, pakai adu bahasa Inggris," ungkap Wakil Ketua MPR ini.

Dia mengatakan, debat capres dan cawapres meliputi visi-misi, komitmen dan rekam jejak. "Bukan soal bahasa. Kalau perlu adu bahasa Indonesia saja. Ngapain bahasa Inggris," katanya.

Cak Imin pun berkelakar saat ditanya jika debat capres-cawapres itu menggunakan bahasa Arab. "Kalau bahasa Arab saya yang mewakili," katanya.Wacana format debat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris mengemuka. Usulan itu datang dari kubu Prabowo-Sandi yang mengingkan ada sesi khusus berbahasa Inggris dalam debat capres-cawapres.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto berharap wacana ini bisa dipertimbangkan KPU.Yandri menilai debat menggunakan bahasa Inggris memberikan pengaruh positif. Sebab seorang pemimpin negara akan bergaul dengan pemimpin negara lain.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6954 seconds (0.1#10.140)