Di Hadapan Ulama, Jokowi Ajak Rakyat Semai Persaudaraan dan Rukun

Kamis, 06 September 2018 - 23:15 WIB
Di Hadapan Ulama, Jokowi Ajak Rakyat Semai Persaudaraan dan Rukun
Di Hadapan Ulama, Jokowi Ajak Rakyat Semai Persaudaraan dan Rukun
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyemai dan menjaga kerukunan di tengah perbedaan. Kodrat bangsa Indonesia, kata Jokowi, memang terlahir di atas keragaman budaya, adat, dan bahasa.

"Harus kita sadari bahwa kita ini hidup di masyarakat yang majemuk, berbeda suku, agama, tradisi, dan adat. Jangan lupakan itu," kata Jokowi saat bersilaturahmi dengan para tokoh ulama dan santri di Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (7/9/2018).

Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki keberagaman dan kemajemukan yang tidak dimiliki negara-negara lain di dunia. Dengan 263 juta penduduk, Indonesia dianugerahi dengan 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa daerah yang tersebar di 17 ribu pulau.

"Kita dianugerahi Allah perbedaan-perbedaan. Berbeda suku, agama, tradisi, adat, bahasa, berbeda semua. Ini anugerah yang diberikan Allah kepada kita bangsa Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden mengajak para santri dan ulama untuk berperan menyebarkan sikap khusnul tafahum (berprasangka baik) kepada masyarakat. Jokowi juga mengajak semua pihak untuk tidak gampang curiga, berprasangka tidak baik. Terlebih di saat jelang gelaran Pilpres.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengajak seluruh pihak untuk tetap optimistis dalam situasi apapun. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memberikan contoh pencapaian para atlet nasional dalam Asian Games 2018 yang melebihi ekspektasi siapapun.

Capaian itu tak mungkin diraih bila rasa pesimistis muncul terlebih dahulu. "Seperti kita ketahui, kalau kita optimistis bangsa ini (menjadi) bangsa besar. Kemarin di Asian Games ranking berapa? Ranking 4! Sebelumnya ranking 17," tandas Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4587 seconds (0.1#10.140)