Jokowi Lepas Pasukan Garuda ke Kongo dan Lebanon

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 14:50 WIB
Jokowi Lepas Pasukan Garuda ke Kongo dan Lebanon
Jokowi Lepas Pasukan Garuda ke Kongo dan Lebanon
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pasukan perdamaian yang tergabung dalam satuan tugas (Satgas) Rapidly Deployable Battalion (RDB) Kontingen Garuda XXXIX-A yang akan bertugas di Kongo dan Marine Task Force (MTF) XXVII-K Unifil yang akan bertugas ke Lebanon.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Indonesia telah mengirim lebih dari 38 pasukan perdamaian untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sejak 1957. Dengan angka itu, Indonesia masuk ke dalam jajaran 10 besar pengiriman pasukan perdamaian PBB terbanyak di dunia.

"Kita patut berbangga kiprah Kontingen Garuda di berbagai misi PBB selalu diterima dan dihargai masyarakat setempat," ujar Jokowi di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Bogor, Jumat (31/8/2018).

Jokowi bersyukur, keberadaan Pasukan Garuda selalu dapat berbaur dengan masyarakat sekitar dan menghormati adat istiadat lokal. Dia berpesan, agar seluruh Pasukan Garuda di seluruh dunia menjaga nama baik bangsa, bekerja penuh tanggung jawab dan semangat demi nama baik Indonesia.

"Pahami dan hormati budaya lokal, tunjukkan profesionalisme, disiplin, dedikasi dan loyalitas," kata Jokowi.

Di penghujung sambutan, Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya dari pemerintah dan rakyat Indonesia kepada Pasukan Garuda yang telah rela berkorban dalam misi PBB.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6403 seconds (0.1#10.140)