Tak Silau Popularitas Artis, Perindo Pilih Utamakan Kader untuk Jadi Caleg

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:19 WIB
Tak Silau Popularitas Artis, Perindo Pilih Utamakan Kader untuk Jadi Caleg
Tak Silau Popularitas Artis, Perindo Pilih Utamakan Kader untuk Jadi Caleg
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq menyatakan partainya tidak ingin menempuh cara instan dalam mengusung calon legislatif di Pemilu 2019. Alih-alih merekrut Artis untuk menjadi caleg, Perindo pilih mengutamakan kader sendiri.

"Keinginan Perindo adalah membangun bangsa ke depan, maka kader partai menjadi prioritas. Karena dia mengetahui visi dan misi partai secara dalam," kata Rofiq dalam diskusi Polemik Radio MNC Trijaya bertema Colak Colek Caleg di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Rofiq mengatakan, pihaknya tidak silau dengan nama besar dan popularitas artis. Hal itu terbukti dengan diajukannya 575 bakal caleg Perindo, tidak ada satu pun berlatarbelakang artis.

Rofiq menambahkan, popularitas yang menempel pada artis tidak menjadi jaminan dirinya akan terpilih dalam kontestasi politik. Seperti pada Pemilu 2014 lalu misalnya, banyak artis yang tak lolos ke Senayan. Hal itu, kata Rofiq menggambarkan kecenderungan masyarakat yang memilih wakil rakyat tidak berdasarkan popularitas semata.

Lebih lanjut, Rofiq menyebut fenomena artis nyaleg merupakan cermin dari mandeknya demokrasi. Fenomena itu, lanjut Rofiq, juga menjelaskan proses pengkaderan dan rekrutmen yang menjadi tugas partai politik tidak berjalan.

"Saya yakin kalau rekruitmen caleg maupun kepala daerah tidak melalui mekanisme yang baik dan jelas, saya yakin masih banyak ke depan yang ditangkap KPK. Buat apa ada parpol kalau kita tidak mengedepankan kader kita sendiri. Politik itu pengabdian, bukan mata pencaharian," ucap Rofiq.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6615 seconds (0.1#10.140)