PDIP Apresiasi Sosialisasi Ideologi Pancasila di Aceh Barat

Rabu, 04 Juli 2018 - 17:07 WIB
PDIP Apresiasi Sosialisasi Ideologi Pancasila di Aceh Barat
PDIP Apresiasi Sosialisasi Ideologi Pancasila di Aceh Barat
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengapresiasi Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat yang melakukan sosialisasi dan penguatan ideologi Pancasila kepada masyarakat setempat.

Kegiatan serupa harus terus dilakukan semua elemen bangsa, tak terkecuali di Bumi Serambi Mekkah. “Pancasila harus terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali rakyat Aceh,” kata Hasto, Rabu (4/7/2018).

Hasto mengatakan, Pancasila yang digali oleh Bung Karno telah menjadi ideologi bangsa dan konsensus bersama seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, sosialisasi dan penguatan ideologi Pancasila harus menjadi tugas seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Dia mengatakan, semangat persatuan dan kesatuan yang dilandasi Pancasila pernah dibuktikan rakyat Aceh lewat aksi patungan membeli Dakota RI-001 Seulawah, pesawat pertama yang dimiliki.

“Di tengah kondisi sulit di awal-awal kemerdekaan, rakyat Aceh justru rela patungan membeli pesawat. Kalau bukan karena semangat nasionalisme yang dilandasi Pancasila, hal itu tidak akan mungkin terjadi,” ujarnya.

Secara khusus, Hasto juga mengapresiasi Bupati Aceh Barat, H Ramli MS yang memimpin langsung sosialiasi dan penguatan ideologi Pancasila di wilayahnya. Menurut Hasto, penguatan ideologi Pancasila butuh keteladan seorang pemimpin.

“Kepemimpinan yang Pancasilais akan membentuk masyarakat yang Pancasilais,” ujar Hasto.

Sosialisasi dan penguatan ideologi Pancasila di Aceh Barat diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat setempat, seperti ulama, mahasiswa dan tokoh perempuan. Bupati Ramli mengatakan kegiatan dilakukan karena banyak hal yang sudah semakin melenceng dari nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan sosialisasi pemahaman dan pengembangan ideologi Pancasila ini diharapkan dapat benar-benar tumbuh dalam masyarakat, terutama kaum perempuan, sehingga jika jadi pemimpin masyarakat ke depannya sudah mantap ideologi Pancasilanya,” tutur Ramli.

Bahkan, Ramli mengatakan, di masa kepemimpinannya ke depan akan dilakukan pembangunan dan penetapan kampung muslimah untuk penguatan ideologi Pancasila bagi kaum perempuan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5855 seconds (0.1#10.140)