Soal Netralitas Aparat, Ini Kata Mendagri Tjahjo Kumolo

Rabu, 27 Juni 2018 - 11:14 WIB
Soal Netralitas Aparat, Ini Kata Mendagri Tjahjo Kumolo
Soal Netralitas Aparat, Ini Kata Mendagri Tjahjo Kumolo
A A A
SEMARANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, secara prinsip pemerintah sudah berpengelaman melaksanakan Pilkada Serentak 2015 dan 2017. Hal ini ditandai dengan profesionalisme yang ditunjukkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Dan netralitas TNI-Polri sudah ditunjukan di 268 daerah. Di 2015 di 101 daerah," ujar Tjahjo usai memantau pemungutan suara di TPS 6 Singotoro, Candi Sari, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018).

Tjahjo menegaskan, saat ini pemerintah memiliki komitmen yang sama bahwa aparat keamanan negara tetap netral. Menurutnya, isu mengenai netralitas BIN, TNI/Polri muncul karena pilkada berdekatan dengan waktu pileg dan pilpres.

"Kalau sekarang ini hawanya pileg dan pilpres, karena kecurigaannya tinggi, tapi di elitenya saja, di bawah masyarakatnya tidak," ungkapnya.

Maka itu, Tjahjo mengaku yakin bahwa aparat keamanan dan penyelenggara Pilkada akan bekerja sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku.

"Teman-teman pers dan masyarakat sudah memantau. Ya saya sajalah bahwa saya orang partai di dua pilkada clear-lah. Janganlah curiga, yakin dengan KPU dan Bawaslu," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7160 seconds (0.1#10.140)