Empat Pilar Kebangsaan Solusi Atasi Paham Radikalisme

Jum'at, 08 Juni 2018 - 11:02 WIB
Empat Pilar Kebangsaan...
Empat Pilar Kebangsaan Solusi Atasi Paham Radikalisme
A A A
YOGYAKARTA - Anggota komisi I DPR dari Fraksi Demokrat KRTM Roy Suryo mengatakan upaya melakukan sosialisasi empat pilar harus terus dilakukan. Hal ini diyakini menjadi upaya untuk menekan radikalisme yang menjadi momok masyarakat.

"Mau tidak mau sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting dilakukan. Masyarakat harus dipahamkan untuk menolak paham radikalisme," ujar Roy Suryo di Yogyakarta, Jumat (8/6/2018).

Dijelaskannya, dirinya selalu mengajak masyarakat DIY untuk kembali kepada NKRI dengan empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. "Akhir pekan lalu kita sosialisasikan di Sleman bersama ratusan warga baik Sleman maupun Kota Yogyakarta," ucapnya.

Di hadapan ratusan warga di Tridadi, Sleman, Roy Suryo meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi. Selain itu juga tidak mudah terhasut oleh informasi yang belum tentu kebenarannya sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat.

"Jangan hanya mementingkan kelompok sendiri karena Indonesia harus dibangun secara bersama. Semua ada aturannya, jadi jangan mudah terhasut apalagi oleh berita-berita hoaks," tandas ahli telematika ini.

Sosialisasi empat pilar yang dilakukan beberapa hari yang lalu ini juga diharapkan masing-masing warga negara memiliki berkontribusi dalam menjaga NKRI mulai dari hal yang terkecil. Di antaranya dapat dilakukan dengan tidak menyebarkan berita yang dapat memecah belah kerukunan bermasyarakat.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1543 seconds (0.1#10.140)