Puan Nilai Semangat Kartini Menginspirasi Pemerintah Tekan Buta Huruf

Sabtu, 21 April 2018 - 18:33 WIB
Puan Nilai Semangat Kartini Menginspirasi Pemerintah Tekan Buta Huruf
Puan Nilai Semangat Kartini Menginspirasi Pemerintah Tekan Buta Huruf
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Kartini jadi momentum menegaskan peran perempuan turut serta dalam memajukan bangsa. Perempuan Indonesia kini leluasa menorehkan prestasi dan inspirasi di bidang pendidikan, olahraga, politik, pemerintahan, sosial, dan lainnya.

Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani dalam rangka peringatan Hari Kartini, Sabtu (21/4/2018).

Dia juga mengatakan, peran perempuan ikut menentukan kemajuan keluarga dan lingkungannya. Menurut Menko Puan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen memberi ruang lebih luas untuk kemajuan perempuan Indonesia.

“Perempuan bisa menyejahterakan dirinya, menyejahterakan keluarganya, baru kemudian menyejahterakan lingkungannya. Itu yang harus dimiliki semua perempuan,” ujar menko perempuan termuda tersebut.

Hari Kartini diperingati setiap 21 April, bertepatan dengan hari kelahiran Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini. Kartini merupakan tokoh perempuan dan pahlawan nasional yang memelopori kebangkitan perempuan Indonesia.

Puan melanjutkan, keputusan menetapkan 21 April sebagai Hari Kartini diterbitkan Presiden Soekarno dalam Keputusan Presiden RI Nomor 108/1964 pada 2 Mei 1964. Menurutnya, semangat Kartini dalam mencerdaskan bangsa dan memperjuangkan emansipasi wanita harus terus dijaga.

“Habis gelap terbitlah terang. Kalimat penuh makna dari Kartini itu harus menginspirasi kita untuk menjadi bangsa yang optimistis, bangsa mandiri, bekerja sama mencapai tujuan yang lebih baik,” tuturnya.

Menko yang gemar menari ini juga memberi perhatian pada literasi nasional yang jadi fokus perjuangan Kartini. Pemerintah, kata Puan, melakukan banyak cara dalam menekan angka buta huruf di seluruh Indonesia, di antaranya dengan menggalang relawan literasi dan membangun lebih dari 6.000 taman bacaan masyarakat (TBM).

Diungkapkannya, untuk menambah kecepatan menekan angka buta huruf, Presiden Jokowi menggulirkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan menyetujui delapan butir literasi yang salah satunya adalah pengiriman buku secara gratis melalui Kantor Pos setiap 17 Agustus.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2017, sekitar 3,4 juta orang Indonesia masih terhitung sebagai buta huruf, menurun dari angka buta huruf pada 2014 yang mencapai 5,9 juta. Dari angka buta huruf tersebut, sebanyak 2.258.990 di antaranya adalah perempuan.

“Semangat Kartini selalu menginspirasi kami meluaskan akses pendidikan dan menekan angka buta huruf,” pungkas Puan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6013 seconds (0.1#10.140)