Fadli Zon Tak Setuju Mahasiswi Dilarang Pakai Cadar

Selasa, 06 Maret 2018 - 19:03 WIB
Fadli Zon Tak Setuju Mahasiswi Dilarang Pakai Cadar
Fadli Zon Tak Setuju Mahasiswi Dilarang Pakai Cadar
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon tidak sepakat dengan kebijakan Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta yang melarang penggunaan cadar bagi mahasiswinya. Maka itu, Fadli Zon memprotesnya.

"Itu hak pribadi seseorang yang mempunyai kepercayaan untuk menggunakan (cadar). Itu sebagai bagian dari ibadahnya," ujar Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, selama penggunaan cadar itu tidak menggangu orang lain seharusnya tidak perlu dilarang. "Kecuali ada yang terganggu. Kalau orang itu pakai jilbab ditambah cadar kan tak mengganggu orang lain," katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menilai penggunaan cadar merupakan bagian dari hak asasi manusia (HAM).

"Kita negara yang tak ada kendala atau komplain terhadap orang yang pakai jilbab, enggak pakai jilbab, bercadar atau tak memakai cadar, tak mengganggu orang lain," tutur Legislator asal daerah pemilihan Jawa Barat V ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sebelumnya juga memprotes kebijakan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Adapun UIN Yogyakarta mengeluarkan kebijakan itu untuk menjaga marwah sebagai kampus pemerintah.

Kemarin, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Drs Yudian Wahyudi mengatakan hadirnya UIN sebagai kampus yang Islam moderat, berkeadilan, atau Islam nusantara menitikberatkan pada cinta Tanah Air. Karena itu, ujarnya, kehadiran mahasiswi bercadar yang mempresentasikan HTI adalah bentuk penghianatan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6272 seconds (0.1#10.140)