Menkop dan Mendes Sambut Positif Apresiasi CSR 2017 SINDO MEDIA

Jum'at, 26 Januari 2018 - 00:22 WIB
Menkop dan Mendes Sambut Positif Apresiasi CSR 2017 SINDO MEDIA
Menkop dan Mendes Sambut Positif Apresiasi CSR 2017 SINDO MEDIA
A A A
JAKARTA - SINDO MEDIA (SINDOweekly, KORAN SINDO dan SINDOnews) memberikan apresiasi kepada 27 perusahaan yang aktif menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR). SINDO MEDIA menganggap penting CSR sebagai bentuk kepedulian sosial yang berdampak besar bagi bangsa.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi kepada SINDO MEDIA yang telah memberikan apresiasi ini. Dia menerangkan, apresiasi ini bisa memotivasi perusahaan lain untuk peduli terhadap masyarakat.

Puspayoga mengatakan, pemerintah meski memiliki APBN dengan nilai triliunan rupiah tidak akan bisa sendirian meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan tingkat kesejahteraan yang diidamkan masyarakat. "Peran serta perusahaan swasta dan juga BUMN melalui CSR inilah yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan sekaligus memeratakan kesejahteraan masyarakat," ujarnya di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018).

Apresiasi yang sama disampaikan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) Eko Putro Sandjojo kepada SINDO MEDIA yang telah memberi penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang memberikan CSR. Dia mengatakan, CSR adalah bentuk kepedulian sosial yang bisa mengurangi ketimpangan di Tanah Air.

"Kita sangat mengapresiasi SINDO MEDIA yang membuat penghargaan ini sehingga bisa merangsang perusahaan untuk berlomba melakukan hal baik yang pada akhirnya untuk kebaikan kita bersama," katanya.

Eko berharap CSR tidak diberikan dalam bentuk sumbangan saja. Model-model baru CSR perlu diinovasikan seperti bagaimana perusahaan membantu pemerintah mengembangkan pendidikan vokasional. Selain itu perusahaan juga bisa melirik ke desa-desa dalam pengembangan produk unggulan desa.

Pemimpin Redaksi Majalah SINDOweekly Nevy Hetharia mengatakan, Apresiasi CSR ini merupakan agenda rutin SINDO MEDIA sejak 2015. Pada tahun ini ada 27 perusahaan yang meraih penghargaan yang telah melaksanakan aksi CSR sepanjang 2017.

Nevy mengatakan ada sembilan kategori yang akan diganjar penghargaan. Kategorinya terdiri dari bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, budaya, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan desa, olahraga dan inovasi komunikasi CSR.

"Kami harap Apresiasi CSR ini akan menjadi dorongan untuk lebih meningkatkan kualitas perusahaan. Kami harap CSR akan memberi dampak kepada bangsa dan masyarakat," katanya.

Diketahui, inovasi dan kreativitas pemyusunan program serta manfaat CSR sejumlah perusahaan sepanjamh 2017 itu yang membuat SINDO Media memberikan Apresiasi CSR 2017 ini. Inovasi dan kreativitas menyangkut persoalan pembagian komposisi dana yang disalurkan ke masing-masing pilar maupun jenis dan format kegiatan CSR di lapangan.

CSR dilakukan dengan tujuan mengembangkan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan dan masyarakat. Selain itu juga penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan, pemelihataan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosial dan mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik dan pelestarian lingkungan.

Adapun ke27 perusahaan yang diganjar apresiasi tahun ini beberapa diantaranya yakni PT BRI Persero Tbk, AXA Indonesia, PT Toyota Manufacturing Indonesia, PT FIF Group, Universitas Ahmad Dahlan, PT BTN, PT FWD Life Indonesia, Zurich Insurance, Bakti Olahraga Djarum Foundation, Permata Bank, PT BNI, PT PLN Persero, PT Bank Syariah Mandiri, HM Sampoerna, Bank Pembangunan Daerah Jatim, PT PGN, Conoco Phillips, Sinarmas Land, Bank CIMB Niaga Syariah, PT Angkasa Pura 1 Persero, PT Pelindo 1, Siloam Hospital, PT Pertamina Persero, PT Berau Coal.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0622 seconds (0.1#10.140)