Kedekatan dengan Presiden Pertimbangan Khusus Pengganti Ketua DPR

Sabtu, 30 Desember 2017 - 20:16 WIB
Kedekatan dengan Presiden Pertimbangan Khusus Pengganti Ketua DPR
Kedekatan dengan Presiden Pertimbangan Khusus Pengganti Ketua DPR
A A A
JAKARTA - Tahun Baru 2018 mendatang merupakan awal DPR akan dipimpin oleh Ketua barunya yang akan dipilih Partai Golkar sebagai pengganti pendahulunya Setya Novanto.

Sejumlah nama telah disebut-sebut akan bersaing untuk menjadi Ketua DPR. Mereka adalah Agus Gumiwang Kartasasmita (Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR), Bambang Soesatyo (Ketua Komisi III DPR), Aziz Syamsuddin (Ketua Banggar DPR) serta Zainuddin Amali (Ketua Komisi II DPR).

(Baca juga: Awal Perubahan di Golkar Bisa Dilihat dari Ketua DPR Baru )

Pengamat Politik Direktur Eksekutif dari Indobarometer M Qodari menyatakan, ada beberapa variabel ataupun kriteria khusus yang akan diberlakukan Partai Golkar memilih pengganti Novanto menjabat sebagai Ketua DPR.

Salah satu kriterianya tentu berpengalaman lama di DPR. "Untuk mengisi kursi Kosong Ketua DPR, tentu harus berpengalaman lama di DPR, nama-nama yang disebut tentu sudah veteran, dan senior," ujarnya (30/12/2017) saat dihubungi.

Tentu sambungnya, ada kriteria khusus yang diberlakukan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk memilih Ketua DPR. "Pertama adalah sosok yang bisa membawa kondisi internal juga eksternal DPR lebih kondusif baik kedalam maupun keluar, yang berikutnya adalah nama yang dipercayai Ketum baru dan personal yang nyaman dimata Presiden," jelasnya.

(Baca juga: Dekat JK, AGK Diyakini Dapat Sinkronkan DPR-Pemerintah )

DPR, sambungnya, sebagai mitra pemerintah, tentunya menginginkan hubungan yang harmonis satu sama lain. "Kalau tidak kompak tidak nyaman akan merepotkan. Ini yang penting, karena keinginan ketua Golkar dan kenyamanan presiden, siapa namanya hanya ketum yang tahu dan yang cocok sendiri," tegasnya.

Qodari mengatakan kriteria nyaman pada presiden kemungkinannya adalah nama yang punya sejarah dukungan pada presiden dimasa silam.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)