Kisah Rakai Pikatan, Raja Mataram Kuno yang Pindahkan Ibu Kota di Medang ke Mamrati

Rabu, 06 Desember 2023 - 06:23 WIB
loading...
Kisah Rakai Pikatan, Raja Mataram Kuno yang Pindahkan Ibu Kota di Medang ke Mamrati
Sri Maharaja Rakai Pikatan Mpu Manuku adalah raja Kerajaan Mataram Kuno yang memerintah tahun 840 – 856. Foto/Istimewa
A A A
Pemindahan ibu kota Kerajaan Mataram kuno mewarnai semasa pemerintahan Rakai Pikatan . Kala itu memang Kerajaan Mataram berkembang menjadi salah satu kerajaan besar dan tertua yang ada di Pulau Jawa.

Kerajaan ini menjadi salah satu kerajaan tertua di Pulau Jawa yang berdiri di sekitar abad 7 dengan pusat pemerintahan di Jawa Tengah.

Sosok Raja Sanjaya merupakan pendiri kerajaan yang dipercaya kemudian menghasilkan raja-raja turunan Dinasti Sanjaya. Sosok Sanjaya ini juga yang pernah berkuasa di Kerajaan Galuh di Jawa bagian barat, sehingga ada hubungan antara Galuh dan Mataram kuno.



Sanjaya awalnya membuka kerajaan dengan ibu kota istana berada di Medang, Jawa Tengah. Hal inilah yang menyebabkan nama Kerajaan Mataram Kuno juga terkenal dengan Kerajaan Medang, karena dari nama ibu kota yang ditempati saat itu.

Namun pasca pemerintahan Raja Sanjaya, ibu kota Mataram Kuno dipindahkan oleh Raja Rakai Pikatan.

Sebagaimana dikutip dari buku “Babad Tanah Jawi” tulisan Soedjipto Abimanyu, pemindahan istana kerajaan dari Medang ke Mamrati dikisahkan melalui Prasasti Wantil yang disebut juga Prasasti Siwagreha, yang dikeluarkan pada 12 November 856 Masehi.

Saat Rakai Pikatan menjadi raja pengaruh besar agama Hindu mulai mendominasi di Mataram, menggantikan agama Buddha. Hal inilah yang juga dimuat di Prasasti Wantil mengenai pendirian bangunan suci Siwagreha, yang diterjemahkan sebagai Candi Siwa.



Menariknya, selain pembuatan Candi Siwa, Raja Rakai Pikatan memerintahkan pemindahan istana Mataram. Konon saat Rakai Pikatan turun tahta dan berganti ke raja berikutnya Rakai Kayuwangi, istana Kerajaan Mataram Kuno tak lagi di Medang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)