Besok, KPU Dijadwalkan Verifikasi Faktual Partai Perindo

Selasa, 19 Desember 2017 - 20:57 WIB
Besok, KPU Dijadwalkan Verifikasi Faktual Partai Perindo
Besok, KPU Dijadwalkan Verifikasi Faktual Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai proses verifikasi faktual partai politik (parpol) untuk tingkat pusat. Besok Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi yang pertama disambangi untuk diperiksa kepengurusan, alamat kantor hingga keterpenuhan 30% perempuan sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2017.

Ketua KPU Arief Budiman membenarkan, Partai Perindo jadi yang pertama menjalani verifikasi faktual di tingkat pusat. Sejumlah komisioner KPU, menurut dia, direncanakan akan hadir pada proses pemeriksaan faktual tersebut.

“Kalau saya tidak salah pukul 13.00 WIB, komisioner yang ada di Jakarta semua ikut, kecuali yang sedang bertugas keluar kota,” ujar Arief saat dikonfirmasi, Selasa (19/12/2017).

Selain Perindo, di hari yang sama KPU juga akan melakukan pemeriksaan faktual kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Untuk tingkat kabupaten/kota, kata Arief juga sudah berlangsung secara maraton. Dia mengatakan bahwa proses verifikasi faktual berjalan bervariasi.
“Mereka (KPU kab/kota) juga bergerak ke DPC memverifikasi keanggotaan,” kata Arief.

Komisioner KPU lainnya, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pada proses pemeriksaan faktual tingkat pusat, nantinya dokumen yang akan diperiksa berupa kepengurusan, domisili kantor, hingga keterpenuhan 30% perempuan. “Nanti dilihat mana orangnya, KTP nya mana. Sama DPW dan DPC juga, hanya ditambah KTA,” ucap Pramono.

Dia memperkirakan proses pemeriksaan faktual akan berjalan singkat, namun tetap meminta parpol menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. “Paling satu jam selesai. Yang lama itu kabupaten/kota harus diteliti keanggotaannya,” papar Pramono.

Sementara itu, Wasekjen Perindo, M Sopian mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan berkas yang dibutuhkan pada proses pemeriksaan faktual hari ini. Termasuk domisili kantor serta keterpenuhan kepengurusan 30% perempuan. “Termasuk jumlah dan susunan pengurus,” ucap Sopian.

Dia menambahkan, verifikasi faktual akan dilakukan di Kantor DPP Partai Perindo, Jalan Abdul Muis, Jakarta. Menurut dia, Perindo optimis mampu melewati proses ini dengan lancar dan baik. “Kita optimis,” tambah dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9416 seconds (0.1#10.140)