Survei Indodata Sebut Doli Kurnia Tepat Dampingi Airlangga di Golkar

Senin, 18 Desember 2017 - 14:18 WIB
Survei Indodata Sebut Doli Kurnia Tepat Dampingi Airlangga di Golkar
Survei Indodata Sebut Doli Kurnia Tepat Dampingi Airlangga di Golkar
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Indodata telah merilis tokoh yang dianggap memiliki kualitas disebut sebagai tokoh perubahan dan pembaharu dalam Golkar. Survei yang dilakukan Indodata adalah survei yang respondennya berasal dari pihak-pihak yang memiliki interaksi dalam opini publik atau 'opinion leader'.

Hasilnya, opinion leader Indodata menemukan tokoh atau kader Golkar yang dianggap layak disebut tokoh perubahan dan pembaharu yakni Airlangga Hartarto dan Ketua Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG), Ahmad Doli Kurnia.

Airlangga telah ditetapkan Golkar sebagai Ketua Umum Golkar untuk menggantikan Setya Novanto yang terjerat kasus dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik. Adapun, dari survei Indodata, nama Doli layak untuk mendampingi Airlangga sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar.

"Opinion leader menganggap sosok Ahmad Doli Kurnia tepat menjadi Sekjen partai Golkar menemani Airlangga Hartarto," ujar Direktur Eksekutif Indodata, Danis T Saputra W saat merilis hasil surveinya, di Restorant Pulo Dua Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Penilaian mengenai tokoh perubahan dan pembaharu Golkar didasarkan pada dimensi Kapabilitas, integritas, akseptabilitas dan inovatif. Hasilnya, Indodata mencatat ada sepuluh kader Golkar yang dianggap memiliki kualitas sebagai tokoh perubahan dan pembaharu yakni, Airlangga Hartarto, Siti Hediyati Hariyadi, Ahmad Doli Kurnia, Yorrys Ramweyai, Nusron Wahid, Agus Gumiwang Kartasasmita, Bambang Soesatyo, Zainudin Amali, Ace Hasan Syadzili dan Muhammad Sarmuji.

Berdasarkan 'opinion leader' survei Indodata, Doli Kurnia dianggap tokoh perubahan dan pembaharu Golkar, setelah Airlangga yang dianggap cocok sebagai tokoh pembaharu yang kemudian dipercaya sebagai ketua umum Golkar.

Bahkan Doli Kurnia dianggap sebagai tokoh perubahan dan pembaharu Golkar dari dimensi integritas dan inovasi, serta dimensi kapabilitas setelah Airlangga.

Survei opinion leader Indodata ini dilakukan awal Desember 2017 dengan pertanyaan dibagi menjadi dua yakni opsional untuk mengetahui agregasi persepsi responden dan pertanyaan skoring untuk mengetahui penilaian responden. Di mana pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling (sampling diambil tidak secara acak dan sesuai dengan jumlah sample yang ditetapkan 46 reponden.

Opinion leader adalah mereka yang terbiasa menjadi narasumber media dan mempengaruhi lalulintas opini publik yang terdiri dari wartawan, intelektual, pengamat sosial dan politik serta tokoh politik.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0764 seconds (0.1#10.140)