PKS Berharap Hadi Tjahjanto Lanjutkan Warisan Gatot Nurmantyo

Senin, 04 Desember 2017 - 18:46 WIB
PKS Berharap Hadi Tjahjanto...
PKS Berharap Hadi Tjahjanto Lanjutkan Warisan Gatot Nurmantyo
A A A
JAKARTA - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengharapkan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bisa melanjutkan warisan yang baik yang telah ditorehkan oleh Jenderal TNI Gatot Nurmantyo jika menjabat Panglima TNI selanjutnya. Hadi Tjahjanto juga diharapkan terus mengembangkan profesionalisme TNI.

"Tentu kita semua mengharapkan penggantinya nanti mampu melanjutkan warisan yang baik, mampu membaca dan mengantisipasi potensi ancaman terhadap pertahanan negara dengan baik, dan terus mengembangkan profesionalisme TNI sehingga makin disegani musuh dan dicintai rakyat," ujar Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Senin (4/12/2017).

Dia yakin pengabdian Gatot Nurmatyo untuk bangsa dan negara masih akan berlanjut dalam bentuk yang lain setelah pensiun nantinya. "Jenderal Gatot membanggakan selama memimpin TNI, paham betul dimensi ancaman aktual terhadap negara dan mampu membangun kedekatan TNI dengan rakyat secara baik," katanya.

Jazuli melanjutkan, Gatot Nurmantyo selama menjadi Panglima TNI mampu menggabungkan komponen nasionalisme dan relegius sebagai mata rantai perjuangan bangsa. Dengan catatan prestasi dan pengabdian tersebut, anggota Komisi I ini berharap Panglima TNI terus berkarya dan berkontribusi bagi negara.

Kendati demikian, dia menilai proses pergantian Panglima TNI itu hal yang wajar karena Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. Kemudian, dia melihat Hadi Tjahjanto memang memiliki kualifikasi di TNI.

"Pengajuan pergantian Panglima TNI sesui konstitusi dan undang-undang adalah hak prerogatif presiden. Presiden mengajukan nama kepada DPR. Kita akan uji (fit and proper test) di Komisi I, mudah-mudahan lancar," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6398 seconds (0.1#10.140)