Emil Dardak Sebut Daerah Trenggalek Punya Potensi untuk Maju

Rabu, 29 November 2017 - 13:28 WIB
Emil Dardak Sebut Daerah...
Emil Dardak Sebut Daerah Trenggalek Punya Potensi untuk Maju
A A A
JAKARTA - Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Emil Dardak membuka paparan mengenai capaian program dan inovasi yang berada di Trenggalek dengan menjelaskan kondisi geografis Trenggalek yang berada di wilayah pesisir Pantai selatan.

"Ada satu pandangan bahwa selatan tertinggal daripada utara. Memang seperti itu anggapan yang dirasakan," ujar Emil dalam paparannya di Indonesia Visionary Leader KORAN SINDO di Auditorium Gedung SINDO, Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Emil menilai, disparitas pembangunan di pesisir Selatan dan Utara terlihat masih timpang. Sehingga, Trenggalek memiliki inisiasi untuk mengembangkan sektor apa yang pas untuk wilayah itu.

Dalam hal ini kata Emil, daerah yang dipimpinnya mengajukan sebagai pusat kegiatan wilayah (PKW). Beruntung, di era Presiden Joko Widodo (Jokowi), Trenggalek ditetapkan sebagai PKW.

"Bahkan waktu itu sampai dibahas dalam rapat kabinet bersama bapak Presiden," ucapnya.

Khusus di Trenggalek sendiri, lanjut Emil, pihaknya tengah melihat apa saja yang perlu dikembangkan di derahnya. Sebagai kota yang jauh dari Surabaya dan kota-kota yang memiliki infrastuktur maju di Jawa Timur, Trenggalek, memiliki potensi pengembangan di bidang sumber daya alam, pesisir dan pariwisata.

Dia berharap, Trenggalek dan wilayah-Wilayah pesisir Selatan lainnya dijadikan sebagai kota maritim dengan berbagai potensi alam yang terkandung di dalamnya.

Maka itu, setidaknya ada sejumlah hal untuk menciptakan nilai tambah di wilayah mataraman, khususnya di Trenggalek seperti infrastruktur, pengembangan ekonomi kerakyatan dan mendorong pemerintahan yang baik dan bersih.

"Momentum tidak datang dua kali, kami mencoba kira-kira potensi apa yang bisa dikembangkan di Trenggalek dan wilayah pesisir selatan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7239 seconds (0.1#10.140)