Puan Ajak Gotong Royong Sukseskan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan

Kamis, 23 November 2017 - 16:41 WIB
Puan Ajak Gotong Royong Sukseskan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan
Puan Ajak Gotong Royong Sukseskan Gerakan Masyarakat Sadar Pangan
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memberikan arahan pada acara pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa) di Tugu Api, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (11/23/2017).

Dalam arahannya, Menko PMK menekankan pentingnya gotong-royong untuk mewujudkan masyarakat sadar pangan aman. "Apa yang kita lakukan adalah hal-hal yang berkaitan dengan upaya promotif prefentif, dari hulu sampai hilir atau hilir ke hulu, dan itu hanya bisa dilakukan secara bersama sama," kata Puan.

Sebelumnya, Menko PMK juga mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang telah menginisiasi Germas Sapa sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesadaran akan pangan aman guna meningkatkan derajat masyarakat hidup sehat.

Menurut Puan, keberhasilan Germas Sapa, selain dilakukan oleh kementerian dan lembaga melalui kampanye yang telah dilaksanakan, juga memerlukan inisiatif dari masyarakat untuk menyukseskan gerakan ini.

Dia menjelaskan, saat ini perkembangan produk industri pangan olahan meningkat pesat dan menjanjikan. Namun, perkembangan pasar produk olahan tersebut tidak diikuti dengan jaminan aspek keamanan pangan karena sering kali lebih mementingkan aspek keuntungan.

Oleh karena itu, Puan berpesan agar jajanan atau makanan yang dijual di pinggiran jalan juga mengutamakan aspek kesehatan. "Bagaimana caranya supaya makanan tersebut tetap enak namun tetap sehat. Ini yang paling penting. Kalau kita melarang mereka berjualan artinya kita menghentikan penghasilan mereka. Tentu itu tidak menyelesaikan masalah," tutur Puan.

Menurut dia, yang terpenting dari Germas Sapa adalah edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Puan mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk selalu melakukan sosialisasi dan edukasi secara lebih luas dan intensif.

Dia mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan menyosialisasikan gerakan masyarakat Isi Piringku. Gerakan Isi Piringku merupakan gerakan makan makanan yang sehat, seimbang, dan bergizi.

Gerakan ini akan disosialisasikan melalui sekolah-sekolah dan masyarakat disesuaikandengan kearifan lokal yang ada di daerahnya masing-masing. "Misal kalau daerah yang makan ubi, ya silakan makan ubi, jika nasi ya makan nasi," ucapnya.

Usai memberikan arahan Menko PMK melakukan acara seremonial tumbuk lesung didampingi oleh Kepala BPOM, Ketua umum PP Bhayangkari, Ketua Umum Penggerak PKK Pusat, Ketua Umum Kowani, dan Ketua Umum Apeksi.

Pada acara tersebut, Menko PMK sekaligus memberikan penghargaan bagi desa pangan aman dan pasar aman dari bahan yang berbahaya yang terdiri atas desa/kelurahan, kabupaten/kota dan pasar.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7605 seconds (0.1#10.140)