KPU Cenderung Gunakan Kotak Plastik

Jum'at, 08 September 2017 - 15:13 WIB
KPU Cenderung Gunakan Kotak Plastik
KPU Cenderung Gunakan Kotak Plastik
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengindikasikan akan menggunakan kotak suara transparan berbahan dasar plastik ketimbang karton transparan pada pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, meski keputusan mengenai penggunaan kotak suara belum diambil secara resmi, namun besar kemungkinan yang akan digunakan nanti adalah kotak suara transparan berbahan plastik.

“Belum kami putuskan finally desain yang mana. Tapi sepertinya pilihan kita cenderung ke bahan plastik,” ujar Arief saat ditemui dikantornya Jumat (8/9/2017).

Menurut Arief, yang juga belum ditentukan apabila kotak suara transparan yang akan digunakan berbahan dasar plastik adalah tingkat kecerahan yang akan digunakan nanti. “Belum tentukan tingkat kecerahan itu yang berapa persen,” lanjut Arief.

Sebagaimana diketahui, KPU sempat mengujicobakan penggunaan kotak suara transparan pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara Sabtu (19/8) silam. Saat itu, dua jenis kotak suara transparan digunakan baik berbahan dasar plastik maupun karton.

Total, KPU sendiri memiliki delapan model kotak suara transparan berbahan dasar plastik dan karton. “Nanti segera (diputuskan desainnya),” tutup Arief.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6493 seconds (0.1#10.140)