Beberapa Upaya Sikapi Kejahatan Kemanusiaan di Rohingya

Jum'at, 08 September 2017 - 12:59 WIB
Beberapa Upaya Sikapi...
Beberapa Upaya Sikapi Kejahatan Kemanusiaan di Rohingya
A A A
JAKARTA - Masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya melalui pemerintah atas kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, Miyanmar. Sekarang hanya pemerintah yang memiliki hak untuk bersuara di level ASEAN atau kepada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menekan Pemerintah Myanmar agar aparat militernya tidak melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Peneliti dari Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan/Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Adnan Anwar mengatakan, upaya lainnya yang bisa dilakukan masyarakat, khususnya umat muslim dalam menyikapi persoalan di Myanmar dengan melakukan zikir bersama atau membaca doa qunut nazilah sebagai upaya untuk menolong masyarakat muslim yang menjadi korban di Myanmar.

“Itu saja digalakkan di masjid-masjid atau musala untuk membantu masyarakat muslim dari etnis Rohingya supaya terhindar dari mara bahaya,” ujar Adnan, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Dia menambahkan, langkah lainnya dengan membikin solidaritas kemanusiaan melalui donasi dengan menggalang dana yang dilakukan oleh berbagai elemen selama ini cukup bagus. Bahkan, kata dia dengan menolong atau menyelamatkan anak-anak juga sudah banyak dilakukan. (Baca: Tragedi Rohingya, TNI AD Siap Diterbagkan ke Myanmar)

“Saya kira itu lebih patut di kalau kita dudukkan, tindakan kita sebagai warga negara Indonesia ya di situ itu. Selebihnya kita tidak bisa berbuat apa-apa karena itu sudah mencampuri urusan negara orang lain,” ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)