Soal Rohingya, PPP Ingin Indonesia Kirim Tentara ke Rakhine

Selasa, 05 September 2017 - 10:34 WIB
Soal Rohingya, PPP Ingin Indonesia Kirim Tentara ke Rakhine
Soal Rohingya, PPP Ingin Indonesia Kirim Tentara ke Rakhine
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengimbau masyarakat tidak menyeret persoalan kekerasan etnis Rohingya di Myanmar ke dalam negeri.

Persoalan di Myanmar ditegaskan PPP tidak ada hubungan dengan kelompok agama tertentu di Indonesia.

"Saya mengimbau seluruh pihak di Indonesia agar tidak membawa kebencian sektarian (di Myanmar-red) ini kepada negara kita," ujar Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/9/2017).

Kendati demikian pria yang biasa disapa Romi ini tidak setuju jika pembantaian muslim Rohingya di Rakhine dianggap dilatarbelakangi perebutan sumber daya alam.

"Ini adalah kebencian berbasis agama, tapi saya ingin persoalan ini hanya di Myanmar. Jadi apa yang terjadi, meskipun itu berbasis kebencian sektarian di satu negara, tidak pada tempatnya untuk dibawa ke Indonesia," ucapnya.

Romi menyarankan Pemerintah Indonesia mengirimkan tentara perdamaian di Rakhine. Karena, lanjut dia, pembantaian umat muslim Rohingya bukan baru-baru ini, melainkan terjadi sejak puluhan tahun silam.

"Itu terjadi karena pembiaran yang dilakukan oleh negara terhadap tindakan warga maupun ekstremis-ekstremis di lingkungan warganya terhadap etnis Rohingya," ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7315 seconds (0.1#10.140)