Paksakan Mabit di Jumarat, Jamaah Haji Diusir Askar Saudi

Sabtu, 02 September 2017 - 18:42 WIB
Paksakan Mabit di Jumarat, Jamaah Haji Diusir Askar Saudi
Paksakan Mabit di Jumarat, Jamaah Haji Diusir Askar Saudi
A A A
MAKKAH - Jarak tenda di Mina dengan Jumarat terbilang jauh, yakni sekitar empat kilometer. Belum termasuk di wilayah Mina Jadid yang ditaksir bisa mencapai tujuh kilometer.

Imbasnya, banyak jamaah yang memutuskan seusai melempar jumrah kembali ke hotel. Selepas magrib kembali ke Jumarat untuk mabit.

Namun keputusan jamaah Indonesia maupun negara lain mabit di Jumarat harus dibayar mahal. Mereka harus kejar-kejaran dengan askar atau tentara dan polisi Saudi.

Dampaknya jamaah haji yang sepuh dan risti akhirnya kelelahan karena sering berpindah tempat. Inilah salah satu pemicu banyak jamaah haji Indonesia yang terduduk atau bahkan tergeletak di pinggir jalan.

Askar Saudi sendiri bertindak tegas terhadap jamaah haji yang mencoba mabit di Jumarat. Sekitar pukul 20.30 WAS mereka melakukan penyisiran terhadap jamaah haji di dekat kompleks utama Jumarat. Mereka didorong keluar wilayah kompleks dengan mengerahkan puluhan askar.

Tindakan mereka patut dimaklumi. Sebab jika terjadi penumpukkan massa yang menyebabkan penyumbatan arus pergerakan jamaah bisa menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

Sayang, mabitnya jamaah haji ke Jumarat ternyata atas ajakan pimpinan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH). Saat diingatkan anggota Perlindungan Jamaah (Linjam), pimpinan KBIH mengabaikannya. (Baca: Kota Makkah Macet Total, Tarif Taksi Melonjak)

"Saya sudah tahu risikonya," kata seorang pimpinan KBIH sambil ngeloyor begitu saja menghindari penyisiran jamaah oleh askar, Jumat (1/9/2017).

Selain di dalam kompleks Jumarat, jamaah haji dari negara lain juga melakukan mabit di sekitar Terminal Jumarat. Bahkan, ada yang tidur di terjalnya bebatuan di bukit samping terminal tersebut. Padahal hal itu sangat berbahaya bagi keselamatan mereka.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5987 seconds (0.1#10.140)