KSAU Lantik 46 Penerbang Militer Baru Angkatan 91

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 17:04 WIB
KSAU Lantik 46 Penerbang Militer Baru Angkatan 91
KSAU Lantik 46 Penerbang Militer Baru Angkatan 91
A A A
SLEMAN - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto secara resmi melantik 46 penerbang militer lulusan pendidikan sekolah penerbang (Sekbang) terpadu Angkatan 91 dalam upacara militer wingday di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu (19/8/2017).

Pelantikan diawali dengan penyematan wing dan penyerahan tropi kepada lulusan terbaik, yaitu Letda Pnb M Nogi Bramantyo, jurusan Fix Wing dan Letda Pnb Dito Sigit Kuncoro, jurusan Rotary. Setelah itu dilanjutkan dengan penyematan brevt wing kepada para lulusan dari keluarga mereka.

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, tugas penerbang TNI bukan sekadar menerbangkan pesawat, namun harus dipahami lebih. Terutama dalam menjadikan alutsista ini sebagai medan pengabdian guna menyelesaikan berbagai tugas yang diemban. Karena itu, sebagai penerbang TNI, kematangan profesionalitas menjadi suatu keharusan.

“Persyaratan lain sebagai penerbang harus memiliki airmanship. Yaitu suatu sikap yang tercermin pada penampilan dan perbuatan, baik saat melaksanakan tugas di udara maupun saat on the ground,” tandas Hadi.

Menurut Hadi, profesi penerbang juga sangat melekat dengan teknologi, sebab alutsista pesawat terbang merupakan produk ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga perwira penerbang harus mampu menjamin keberlangsungan alutsista pesawat udara yang dipercayakannya.

Untuk itu, faktor perencanaan tugas harus menjadi prioritas utama. “Karena itu, dalam melaksanakan tugas harus sesuai dengan tahapan dan mekanisme yang benar,” paparnya.

Kapentak Lanud Adisucipto Yogyakarta Mayor Sus Giyanto menjelaskan, 46 Sekbang terpadu angkatan 91 ini, terdiri 35 dari AU, delapan AD dan tiga AL. Khusus untuk 35 penerbang AU, terdiri dari delapan orang penerbang heli, 14 orang penerbang angkut dan 13 orang penerbang tempur. Mereka akan ditempatkan di skuadron di seluruh Indonesia.

"Untuk lulusan dari AD dan AL akan dikembalikan ke satuannya masing-masing, AD ke Puspenerbad, AL Puspenerbal," paparnya.

Sedangkan untuk memeriahakan acara ini, berbagai atraksi terutama yang berkaitan dengan dunia penerbangan dilakukan. Di antaranya fly pass pesawat tempur T50, Sukhoi, atraksi terjung payung dari anggota Lanud Adisutjipto dan FASI DIY, manuver pesawat latih Grob dan KT 1 Woong Bee, yang tergabung dalam The Jupiters serta koloni senapan Lanud Adisutjipto.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6787 seconds (0.1#10.140)