Sosok Penting di Balik Keamanan Mobil Menteri Agama di Arab

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 05:38 WIB
Sosok Penting di Balik Keamanan Mobil Menteri Agama di Arab
Sosok Penting di Balik Keamanan Mobil Menteri Agama di Arab
A A A
MADINAH - Kantor Teknis Urusan Haji mempunyai kendaraan sebanyak 163 armada, 86 unit di antaranya masih dipergunakan. Sedangkan sisanya disimpan di gudang yang terletak di Madinatul Hujjaj.

Transportasi mempunyai peran penting dalam menunjang kinerja pada segala bidang pelayanan jamaah haji. Di balik itu semua, ada peran mekanik yang senantiasa merawat setiap kendaraan yang akan digunakan petugas, home staff, bahkan mobil yang nantinya akan ditumpangi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Salah satu mekanik Kantor Teknis Urusan Haji adalah Yusuf Maulana. Pria berusia 47 tahun itu setia mengabdi sejak tahun 2006.

Bapak empat anak ini mempunyai tanggung jawab untuk mempersiapkan setiap mobil yang akan beroperasi, memperbaiki mobil rusak, dan menjaga gudang berisi puluhan mobil tua.

Ditemui di tempat kerjanya, pria asal Cianjur, Jawa Barat itu mengaku tugas yang diembannya tidak mudah. Sebelum mobil dioperasikan dirinya akan mengecek segala komponen mobil dari mulai baterai, ban, rem, dan mesin.

"Kalau mobil akan dipakai pejabat, hati itu selalu deg-degan takut terjadi sesuatu di jalan yang tentunya berisiko terhadap keselamatan. Apalagi masalah ban, tipis sedikit saja langsung saya ajukan untuk diganti karena takut pecah di jalan, ban itu minimalnya tiga tahun," tuturnya, baru-baru ini.

Cuaca panas di Arab Saudi juga berpengaruh terhadap kondisi mobil terutama ban dan radiator. "Kendala yang sering dihadapi kadang juga masalah elektrik, apalagi kalau mobil Amerika," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1171 seconds (0.1#10.140)
pixels