Arab Saudi Minta Indonesia Perbaiki Lama Jamaah di Bandara

Rabu, 09 Agustus 2017 - 19:43 WIB
Arab Saudi Minta Indonesia Perbaiki Lama Jamaah di Bandara
Arab Saudi Minta Indonesia Perbaiki Lama Jamaah di Bandara
A A A
MADINAH - Pemerintah Arab Saudi berharap Kementerian Agama (Kemenag) melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bisa mempercepat proses pengurusan jamaah di bandara kedatangan.

Permintaan ini disampaikan saat menggelar rapat dengan Kementerian Haji Arab Saudi, Selasa (8/8/2017) malam. Pihak PPIH sendiri menyambut baik permintaan tersebut dengan menyampaikan kondisi sebenarnya di lapangan.

“Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, dan saya mengapresiasi e-haji, tata kelola kedatangan, bagaimana keluar dari bandara,” ujar Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyathi Basori di Kantor Urusan Haji Indonesia di Madina, Rabu (9/8/2017).

Di dalam rapat, sambung dia, Kemenag menyampaikan bahwa, pihaknya juga ingin proses jamaah di bandara bisa dipercepat. Namun, ada sejumlah hal yang patut dibahas agar persoalan ini menjadi jernih.

“Kami sampaikan ke mereka, lama tidaknya jamaah di bandara bukan tata kelola kita yang tidak baik, tapi karena proses Imigrasi dan Bea Cukai lama. Ditambah lagi akibat jamaah keluar gate-nya berbeda. Intinya kita sama-sama memperbaiki sistim agar semua bisa berusaha mempercepat proses tersebut,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya akan menyampaikan ke tim bahwa pihaknya ingin menghitung berapa lama proses sebenarnya di bandara. “Mereka sangat berkomitmen dan berusaha keras melayani jamaah. Semua dilakukan dalam tempo singkat. Sementara belum ketemu waktunya karena terkait kegiatan Kemendagri,” katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7948 seconds (0.1#10.140)