Marbot Masjid Bersyukur Bisa Berangkat Haji

Senin, 31 Juli 2017 - 13:28 WIB
Marbot Masjid Bersyukur Bisa Berangkat Haji
Marbot Masjid Bersyukur Bisa Berangkat Haji
A A A
MADINAH - Penggilan berhaji hanya milik Allah SWT, punya uang dan berbadan tegap bukan jaminan bisa berhaji. Karena itu umat Islam, siapapun dia, baik kaum tak punya, usianya sudah lanjut, tetap bisa berharap menunaikan Rukun Islam yang kelima tersebut.

Salah satunya adalah Jumari (70) yang dipanggil Allah SWT menjadi dluyufurrahman. Jamaah haji asal Banten yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5 Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 05).

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai marbot di salah satu masjid di daerah Pamulang, Tangerang Selatan ini berangkat haji tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Jumari berangkat haji dibantu seorang jaksa.

Ditemui jelang keberangkatannya ke Madinah Al-Munawwarah, Jumari sempat berbagi kisah. "Saya mah awalnya ditawarin, Bapak mau haji gak?. Lah saya mah mau aja," tuturnya dengan mata berbinar di asrama haji Pondok Gede, Minggu, 30 Juli 2017.

Jumari mengaku tidak pernah menyangka akan mendapat tawaran berhaji. Sebab, biasanya yang dibantu berangkat haji adalah para ustaz. Sementara dirinya hanyalah marbot. “Allah yang panggil saya, saya yakin itu,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

Setelah menanti selama enam tahun, atas izin Allah Jumari dapat berangkat haji tahun ini. Menurutnya, bukan hanya pendaftaran haji saja yang ditanggung orang lain, tapi segala persiapan menjelang keberangkatan juga bukan dari kantong sendiri.

Menjelang keberangkatannya, banyak kawan dan kerabat yang datang mengunjunginya. Para tetangga pun mengadakan selamatan menjelang keberangkatan warga kampung Bulak ini.

“Saya percaya, Allah yang panggil, Allah yang tanggung. Dia gak akan sia-siakan saya,” katanya penuh syukur. (Baca: Hari Ini 18 Kloter Jamaah Haji Diberangkatkan ke Madinah)

Sesampainya di Tanah Suci nanti, bapak dari lima anak ini berniat mendoakan jaksa yang memberangkatkannya, keluarga, teman, tetangga serta kerabat yang juga banyak turut andil dalam keberangkatannya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6961 seconds (0.1#10.140)