Pelayan Haji 2017 Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci

Selasa, 25 Juli 2017 - 08:48 WIB
Pelayan Haji 2017 Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci
Pelayan Haji 2017 Mulai Diberangkatkan ke Tanah Suci
A A A
JAKARTA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2017 mulai diberangkatkan menuju Arab Saudi. Pada gelombang pertama pagi ini, PPIH yang diberangkatkan adalah petugas Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Bandara sebanyak 299 orang.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam berpesan agar para petugas haji 2017 dapat meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun 2016 adalah pencapaian terbaik untuk saat ini. Berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik (BPS), pelayanan tahun lalu mendapatkan skor 83,83. Kita targetkan di 2017 jadi 84 atau sangat memuaskan," ujar Nur Syam saat memberikan pengarahan kepada 299 petugas di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur,
Selasa (25/7/2017).

Menurutnya para petugas yang diberangkatkan adalah orang-orang terpilih karena sudah melalui serangkaian tes dan pembekalan. Karena itu, sudah sepantasnya mampu memberikan pelayanan terbaik kepada ratusan ribu jamaah haji Indonesia.

"Kalian mengemban amanat negara sebab pelaksanaan haji diatur oleh Undang-undang Haji. Jadi petugas haji adalah duta negara," ucapnya.

Dia menuturkan, agar dapat memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji ada istilah "3J". Dia menyebutkan, pertama jadinya petugas yang berkepribadian. Dia menerangkan, berpkerpibadian yang dimaksud adalah ramah dan dapat menjaga sopan santun di negeri orang.

"Jamaah haji Indonesia sudah dikenal sopan-santunnya. Jadi petugas haji pun harus demikian," terangnya.

Dia menambahkan, J yang kedua adalah petugas harus menjaga kebersamaan. J yang terakhir, kata dia, jadilah petugas yang menjaga mutu layanan. Artinya, lanjut dia petugas dituntut memberikan kemampuan terbaiknya guna menciptakan kepuasan jamaah dalam mendapatkan haji mabrur.

Sebelumnya, PPIH 2017 menggelar doa bersama dalam rangka malam muhasabah. Doa bersama yang diikuti oleh petugas dari Sabang sampai Merauke ini digelar di Masjid Asrama Haji Pondok Gede. (Baca: PPIH Pastikan Akomodasi, Katering dan Transportasi Sudah Siap)

Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), antara lain Kasubid Pembinaan Petugas Kementerian Agama, Khoirizi H Dazir. Berdoa malam ini adalah titik puncak bagi panitia yang ditugaskan di Daker Bandara dan Madinah untuk menjaga amanah melayani jamaah dengan segenap hati di Tanah Suci.

"Mudah-mudahan dengan tahlil doa semua keinginan kita diijabah. Semoga operasional tahun ini lebih baik. Paling tidak bisa mempertahankan tahun lalu," kata Khoirizi tadi malam.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2546 seconds (0.1#10.140)