Pemerintah Malaysia Juga Didesak Razia Majikan TKI Ilegal

Jum'at, 07 Juli 2017 - 14:58 WIB
Pemerintah Malaysia...
Pemerintah Malaysia Juga Didesak Razia Majikan TKI Ilegal
A A A
JAKARTA - Razia Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal oleh Pemerintah Malaysia ditanggapi Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Muhammad Solihin. Menurut dia, majikan yang mempekerjakan TKI ilegal di Malaysia itu juga harus dirazia.

Hal demikian dianggapnya demi rasa keadilan. "Rasa keadilan harus ditegakkan, yang harus dirazia bukan saja TKI nya, tapi juga majikannya," ujarnya dalam keterangan tertulis kepada SINDOnews, Jumat (7/7/2017).

Dia mengatakan, Indonesia harus melakukan perlindungan terhadap ratusan ribu imigran Indonesia di Malaysia yang menjadi sasaran razia pemerintah negeri Jiran itu. Menurutnya, seharusnya pemerintah menempuh upaya hukum.

"Dalam hal ini perwakilan KBRI harus mengupayakan langkah hukum untuk memproteksi TKI," tegasnya.

Kemudian, kata dia, sebaiknya TKI atau warga ilegal Indonesia di Malaysia dipulangkan agar tidak menjadi sasaran tindakan represif dari Pemerintah Malaysia. Dia mengungkapkan, saat ini TKI bekerja di tiga sektor, yaitu kelapa sawit, industri, dan pembantu rumah tangga. Sehingga, dia berharap ke depan agar pemerintah lebih memperhatikan nasib TKI agar tidak lagi menjadi korban di negara lain.

"Para penadah TKI ilegal harus dibasmi agar peristiwa yang sama tidak terjadi lagi," pungkasnya.

‎Diketahui, sekitar 200 TKI ilegal ditangkap Pemerintah Malaysia dalam razia belakangan ini. Razia itu adalah kelanjutan dari implementasi program legalisasi dokumen atau program E-Kad sementara pekerja asing.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0736 seconds (0.1#10.140)