Cegah Aksi Terorisme, Wiranto Sarankan Galakan Kembali Siskamling

Selasa, 04 Juli 2017 - 18:45 WIB
Cegah Aksi Terorisme, Wiranto Sarankan Galakan Kembali Siskamling
Cegah Aksi Terorisme, Wiranto Sarankan Galakan Kembali Siskamling
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengakui sulit untuk mendeteksi kelompok teroris.

Wiranto mengungkapkan kelompok teroris bergerak secara diam-diam dan membaur dengan masyarakat. "Kalau mereka itu berada di lingkungan masyarakat, tentunya masyarakat itu sendiri yang paling lebih dahulu tahu perilaku orang-orang yang diduga seperti teroris, kan begitu‎," tutur Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Wiranto berharap, masyarakat ikut melakukan deteksi dini terhadap kondisi lingkungan sekitar. ‎Salah satunya menggalakan sitem keamanan lingkungan (siskamling) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri.

‎"Sistem keamanan lingkungan yang diorganisasi masyarakat yang nanti punya link (jaringan) dengan aparat keamanaan apakah kepolisian TNI di daerah untuk kemudian bersama-sama mengawasi lingkungannya dari perilaku-perilaku masyarakat yang tidak wajar‎," ucapnya.

Menurut dia, masyarakat bisa dijadikan agen untuk melakukan deteksi dini terhadap perilaku orang yang dicurigai berpotensi melakukan aksi teror di masyarakat.

"Pada rapat kemarin saya tekankan betul kepada Kapolri, Mendagri, Kepala BIN manfaatkan kekuatan kita di masyarakat sebagai early warning system sebagai pendeteksian dini terhadap aksi-aksi terorisme," ucapnya.
(dam)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1457 seconds (10.55#12.26)