Jokowi dan Kapolri Hadiri Perayaan Nyepi di Mabes TNI

Sabtu, 22 April 2017 - 13:37 WIB
Jokowi dan Kapolri Hadiri...
Jokowi dan Kapolri Hadiri Perayaan Nyepi di Mabes TNI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Dharmasanti Nasional Perayaan Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2017).

Sejumlah pejabat, menteri kabinet serta kepala lembaga hadir dalam acara ini, di antaranya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Perayaan Nyepi tahun 2017 ini mengangkat tema Jadikan Catur Braga Penyepian Memperkuat Toleransi Kebinekaan Bernuansa dan Bernegara demi Keutuhan NKRI.

"Tema ini diambil karena rasa keprihatinan atas fenomena berkurangnya sikap toleransi dan menipisnya kesadaran akan keberagaman dan kebinekaan," kata Ketua Umum Panitia Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi 1939 Inspektur Jenderal Polisi Ketut Untung Yoga saat memberikan sambutan.

Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia, Mayjen TNI (Purnama) Wisnu Bawa Tenaya membeberkan makna nyepi, yakni membawa ketenangan.

Pada fenomena terkini yang terjadi sehari-hari, kata Wisnu, semangat nyepi bisa diaplikasikan dengan melakukan kegiatan yang produktif.

"Menyebar berita bohong, teror, perusakan, itu beberapa contoh kegiatan tidak produktif," ucap Wisnu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)