Menteri Agama Berharap Walubi Jaga Semangat Persatuan Bangsa

Sabtu, 15 April 2017 - 17:24 WIB
Menteri Agama Berharap...
Menteri Agama Berharap Walubi Jaga Semangat Persatuan Bangsa
A A A
JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) menjadi rumah besar umat Buddha, sehingga bisa menjadi tempat yang menaungi umatnya yang memiliki banyak mazhab dan aliran.

Hal itu dikatakan Lukman Hakim, saat membuka Pasamuan Agung Ketiga Walubi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Walubi harus menjadi mitra pemerintah dalam membangun kebhinekaan di negeri ini. Ajaran Buddha penting diaplikasikan untuk memupuk persatuan. Saya berharap Walubi dan umat Buddha membangun bangsa dengan saling menghargai," kata Lukman dalam siaran pers, Sabtu (15/4/2017).

Lukman mengatakan, Walubi bisa jadi mitra strategis pemerintah mendukung pembangunan sekaligus membina kebhinnekaan. "Saya ikut merasakan semangat umat Buddha bertumbuh baik, bisa dilihat dari ibadah yang jumlahnya bertambah dan ramai," ucapnya.

"Tempat ibadah pun digunakan tidak hanya untuk beribadah tetapi juga untuk berbagai kegiatan sosial yang membantu seluruh masyarakat lintas agama," imbuh Lukman.

Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya mengatakan, ada 13 aliran yang berada di bawah naungan Walubi. Menurutnya, Walubi telah dan sedang membawa misi untuk memahami, menghayati, mengamalkan Buddha Dharma.

"Sehingga akan menciptakan kesejukan dan kesejahteraan, keberuntungan dan kemajuan lahir batin khususnya menjadi manusia yang pantang berbuat jahat akibat pengaruh pandangan bodoh dari Sang Aku yang menjadi sumber derita sepanjang masa," ucap Hartai Murdaya.

Hartati menjelaskan, Pasamuan Agung akan menetapkan program kerja dalam kurun lima waktu kedepan. Program kerja ini bertujuan meningkatkan disiplin demi menciptakan kemajuan dan keterampilan umat Buddha.

"Termasuk memelihara Buddha Dharma yang diajarkan sang Budha dalam kehidupn berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelasnya.

Menurutnya program kerja walubi dan buddha dharma dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan kebijaksanaan. Penuh cinta kasih dan hidup rukun sesama umat Buddha dan dengan umat beragama lain serta dengan pemerintah.

"Dengan prinsip dasar walubi adalah nonintervensi sesama anggota, tidak berkonflik dan saling mencela, tidak saling memojokan, tidak adu kekuatan, sebaliknya harus saling menghormati, saling belajar, saling mengisi, saling berkonsentrasi pada pembinaan umat," jelasnya.

Sebagai informasi, Walubi sebagai induk organisasi umat Buddha Indonesia akan menyelenggarakan Pasamuan Agung Ke-3 di Jakarta pada 15-16 April 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Walubi adalah induk organisasi ummat Buddha Indonesia yang menjadi tempat bernanung atau presidium dari 13 majelis agama Buddha Indonesia serta berbagai Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI), yang saat ini dipimpin oleh pengusaha terkemuka, Siti Hartati Murdaya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)