Menristekdikti Ajak Mahasiswa Matangkan Mental dengan Mengaji

Senin, 20 Maret 2017 - 13:54 WIB
Menristekdikti Ajak Mahasiswa Matangkan Mental dengan Mengaji
Menristekdikti Ajak Mahasiswa Matangkan Mental dengan Mengaji
A A A
JAKARTA - Ribuan mahasiswa dan segenap karyawan, dosen, pejabat rektorat, serta tamu undangan melantunkan bacaan Alquran dalam acara khamatan Alquran yang dipimpin langsung Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir. Acara tersebut merupakan kerja sama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Nusantara Mengaji, dan Kemenristekdikti berkaitan peresmian Gedung Dekanat Fakultas Tekhnik Untirta, Serang, Banten.

Menristekdikti M Nasir mengatakan, di Indonesia terdapat 4.000 kampus. Dirinya ingin mengajak kepada semua mahasiswa agar mematangkan mentalnya dengan mengaji kitab suci masing-masing.

Bagi umat Islam, kata dia tentu saja dengan mengkhatamkan Alquran. Dia menambahkan, bagi mereka yang beragama Hindu, Budha, Protestan, dan Katholik menghayati kitab suci masing-masing.

"Dengan demikian mental mahasiswa semakin matang dan lulusannya berkualitas secara ilmu dan mental," ujar M Nasir dalam sambutannya di Kompleks Untirta, Serang, Serang (20/3/2017).

Koordinator Nasional Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid menuturkan, manfaat Alquran diturunkan salah satunya adalah sebagai obat (syifa'). Jika fisik sakit, menurut dia, maka akan sangat mudah didiagnosa dan diobati.

Namun, menurut dia sakit nonfisik sulit dideteksi. Dia mengungkapkan, bagaimana mendeteksi penyakit sombong, malas, pelit, angkuh, dan lain sebagainya dalam diri seseorang, tentu bukan perkara mudah. (Baca: Menristekdikti Akui Anggaran Beasiswa Masih Terbatas)

"Nah, Alquram diturunkan untuk mengobati penyakit hati," ucap Jazilul.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6524 seconds (0.1#10.140)