KPCDI Kampanyekan Pola Hidup Sehat untuk Ginjal Sehat

Senin, 13 Maret 2017 - 02:26 WIB
KPCDI Kampanyekan Pola Hidup Sehat untuk Ginjal Sehat
KPCDI Kampanyekan Pola Hidup Sehat untuk Ginjal Sehat
A A A
JAKARTA - Ketua Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI), Toni Samosir mengatakan, komunitas pasien cuci darah sangat konsen melakukan upaya promotif dan preventif untuk mencegah meningkatnya jumlah penyandang gagal ginjal. Melalui acara Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) yang diperingati setiap 12 Maret, dikampanyekan pola hidup sehat untuk ginjal yang sehat.

"KPCDI sedari awal terus melakukan kampanye preventif dan promotif pentingnya pola hidup sehat se-Indonesia melalui cabang-cabang komunitas pasien cuci darah," kata Toni pada seminar 'Ginjal dan Penyakit Gagal Ginjal' di Jakarta, Minggu (12/3/2017).

Menurut Toni, obesitas sangat berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Obesitas memicu diabetes dan tekanan darah tidak terkontrol. Diabetes dan hipertensi penyebab utama penyakit gagal ginjal yang berujung pada tindakan cuci darah. "Maka, kendalikan berat badanmu," ujarnya dalam siaran pers ke SINDOnews.

Narasumber seminar, dr Diani Adrina, SpGK mengatakan, obesitas harus diperangi. Caranya, sejak dari dini anak diajari pola makan yang benar. "Berikan makan yang seimbang, tidak boleh berkaitan," ujar ahli gizi di Rumah Sakit Pusat Pertamina itu.

Seminar tersebut diselenggarakan oleh KPCDI bekerja sama dengan Fresenius Medical Care. Narasumber lain adalah, Astry Tri Astuti, marketing & communication Manager Fresenius Medical Care.

Selain menggelar seminar untuk edukasi publik tentang mencegah penyakit ginjal, juga digelar funwalk, talkshow, pemeriksaan breathing gratis, membagi selebaran edukasi kesehatan di area car free day di Jakarta.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4239 seconds (0.1#10.140)