Perangi Terorisme Global dengan Meningkatkan Kerja Sama Internasional

Selasa, 07 Maret 2017 - 23:08 WIB
Perangi Terorisme Global dengan Meningkatkan Kerja Sama Internasional
Perangi Terorisme Global dengan Meningkatkan Kerja Sama Internasional
A A A
JAKARTA - Tiga tahun ke depan akan ada pembangunan ekonomi bersatu sehingga masalah ekonomi ASEAN otomatis menjadi usang dan akan bergabung dengan kemitraan strategis ekonomi partnership yang diprakarsai Cina, juga Amerika Serikat. Fakta ini harus benar-benar diantisipasi karena terorisme itu bisa menggunakan jalur apa saja dalam melancarkan aksinya.

Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran Yanyan M. Yani mengatakan, dalam hasanah hubungan internasional, ada indeks terorisme global. Sekarang kata dia Indonesia berada dalam rangking 33 indeks terorisme global, sementara Amerika di peringkat ke-35, dan Prancis ke-36.

"Kalau bisa meningkat maka Insya Allah Indonesia juga akan meningkat pada aspek ekonomi," ujar Yanyan, Selasa (7/3/2017).

Menurutnya terorisme menjadi ancaman global. Maka itu dia mengingatkan untuk memerangi terorisme, Indonesia wajib memperkuat kerja sama internasional dalam perspektif agama, ekonomi, politik luar negeri, serta sosial budaya. (Baca: Tiga WNI Diduga Disandera Kelompok Abu Sayyaf)

"Peningkatan kerja sama internasional di segala bidang menjadi kunci dari penyebaran terorisme secara global," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4980 seconds (0.1#10.140)