HT: Ekonomi Kuat Ditopang Pasar Modal Kuat

Selasa, 14 Februari 2017 - 02:08 WIB
HT: Ekonomi Kuat Ditopang Pasar Modal Kuat
HT: Ekonomi Kuat Ditopang Pasar Modal Kuat
A A A
JAKARTA - Pasar modal harus terus didorong untuk bertumbuh. Sumber pembiayaan jangka panjang ini diperlukan untuk membangun kekuatan ekonomi Indonesia.

"Ekonomi kuat ditopang pasar modal yang kuat," kata Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat memberikan arahan dan proyeksi pasar modal 2017 di MNC Securities Investor Gathering 2017, Senin (13/2/2017)

HT menjelaskan, perbankan dan pasar modal adalah pilar dunia keuangan. Namun, pasar modal dan perbankan masih timpang. Ketimpangan tersebut terlihat dari jumlah pemilik rekening pasar modal yang jauh lebih kecil dibanding dengan perbankan. Jumlah emiten di Indonesia pun masih kecil.

Begitu juga perputaran dana di perbankan jauh lebih kecil. "Saat ini dana di pasar modal masih kurang dari 10% dana di bank," kata HT.

Sebagai gambaran, seluruh modal yang berada di manajemen investasi kurang dari Rp500 triliun, sementara seluruh dana pihak ketiga yang ada di perbankan mencapai Rp5.000 triliun.

Peran pasar modal sangat penting bagi kemajuan ekonomi negara. Sebagai gambaran HT memberikan contoh China yang berhasil menumbuhkan ekonominya selama 26 tahun dengan rata-rata pertumbuhan 9% antara lain karena ditopang pasar modalnya yang kuat.

HT menyampaikan, dia mendorong MNC Securities untuk menjangkau masyarakat di daerah agar masyarakat daerah bisa memiliki akses terhadap pasar modal. "Pasar modal didominasi institusi, tidak maksimal tumbuhnya," ujarnya.

Potensi Indonesia
Saat ini, lanjutnya, salah satu permasalahan bangsa adalah yang terbangun hanya di kota-kota besar. Sementara, mayoritas daerah tertinggal. Hal tersebut disebabkan penerapan pasar bebas di saat masyarakat belum siap dalam hal kesejahteraan dan pendidikan.

Pendapatan per kapita masyarakat sebesar US$ 3.600, PDB masih kurang dari US$ 1 triliun. Daya beli rendah, market kecil dan likuiditas terbatas

Namun, dalam jangka panjang HT optimistis bila perekonomian daerah dibangun Indonesia akan bertumbuh dengan pesat. Karena, Indonesia memiliki lebih banyak penopang ekonomi. "Saat pendapatan per kapita $10.000, PDB $2,6 triliun. Ekonomi kita sebesar Inggris. Kapan? Tergantung pengelolaan ekonomi negara."

HT berbagi pandangannya tentang kebijakan proteksi Amerika Serikat (AS) untuk menata perekonomian AS. Pasar bebas menyebabkan kesenjangan sosial, banyak pengangguran. Kebijakan proteksi Presiden AS Donald Trump tersebut akan banyak berpengaruh pada negara-negara yang menjadi mitra-mitra besar AS selama ini.

"Kalau Indonesia pandai manfaatkan peluang, kita jadi negara saluran perpindahan kapital," kata dia.

Bila hal tersebut terjadi, lanjut HT, ekonomi Indonesia bisa semakin tumbuh lebih cepat lagi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6077 seconds (0.1#10.140)