Sisi Baik dan Buruk Dampak Media Sosial

Kamis, 09 Februari 2017 - 03:33 WIB
Sisi Baik dan Buruk Dampak Media Sosial
Sisi Baik dan Buruk Dampak Media Sosial
A A A
JAKARTA - Keberadaan perkembangan informasi dan teknologi (IT) yang super canggih, terutama dalam berkomunikasi melalui media sosial (medsos) memiliki sisi baik dan buruk. Satu sisi perkembangan IT bisa memudahkan manusia untuk menjalin silaturahmi dan memperoleh informasi, namun di sisi lain medsos bisa jadi sumber permusuhan.

Maka itu Wakil Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Ni'am mengingatkan, perlu ada mekanisme untuk menyaring berbagai informasi di medsos dan media yaitu tabayun atau klarifikasi. Langkah ini, kata dia sangat penting untuk mencegah terjadinya kegaduhan sebagai dampak dari penyebaran informasi yang salah atau hoax.

"Perlu ada kecerdasan dalam memanfaatkan medsos maupun media digital, juga dalam menerima informasi," ujar Asrorun Ni'am, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Dia menambahkan, MUI juga memiliki keprihatinan terkait fenomena medsos yang sering dijadikan alat provokasi, fitnah, hingga menebar kebencian. Menurutnya MUI sebagai wadah ulama dan cendekiawan muslim dalam kerangka mengemban amanah keagamaan dan keumatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memandang penting untuk memberikan pedoman tentang kaidah keagamaan saat menggunakan medsos demi kemaslahatan, bukan kemudharatan. (Baca: Pemerintah Diminta Tak Berlebihan Sikapi Berita Hoax)

"Insya Allah dalam waktu dekat MUI akan merumuskan pedoman yang menjadi rujukan atau referensi keagamaan bagi masyarakat muslim pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6545 seconds (0.1#10.140)