Bidang Kesehatan dan Teknik Masih Dominasi Publikasi Ilmiah UI

Selasa, 07 Februari 2017 - 19:01 WIB
Bidang Kesehatan dan Teknik Masih Dominasi Publikasi Ilmiah UI
Bidang Kesehatan dan Teknik Masih Dominasi Publikasi Ilmiah UI
A A A
JAKARTA - Penelitan bidang kesehatan dan teknik, masih mendominasi publikasi ilmiah Universitas Indonesia (UI), untuk publikasi dalam dan luar negeri hingga tahun 2016.

Publikasi bidang kesehatan utamanya ditopang oleh periset yang berasal dari Fakultas Kedokteran (FK) serta fakultas lain dalam rumpun ilmu kesehatan.

Sementara itu, publikasi di bidang teknik terutama berasal dari periset Fakultas Teknik (FT) dan ditunjang oleh fakultas lain dalam rumpun sains dan teknologi yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) juga Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi, Prof Rosari Saleh mengatakan, walaupun sama-sama mendominasi namun kenaikan jumlah publikasi ilmiah bidang kesehatan/obat-obatan di UI meningkat hingga 50 persen dalam kurun empat tahun terakhir sementara bidang teknik meningkat di kisaran 12%.

Bahkan bila ditinjau lebih jauh, publikasi untuk bidang general medicine, tingkat kenaikannya cukup fantastis mencapai 139% dengan jumlah penulisnya juga meningkat hingga 200 persen.

"Semoga tetap bisa terjaga secara kualitas dan kuantitas risetnya," ujar Rosari dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Rosari yang akrab dipanggil Oca ini mengungkapkan general medicine masih yang paling menonjol menjadi tema riset Kedokteran Universitas Indonesia. Disusul dengan tema Public Health, Environmental and Occupational Health serta Infectious Desease.

Khusus untuk publikasi di bidang Infectious Desease, publikasinya meningkat sekitar 50 persen sejak tahun 2013 sampai 2015 dengan jumlah penulis yang juga meningkat sebesar 97 persen.

Jumlah publikasi ilmiah internasional dari UI baik yang terindeks Scopus dan lainnya meningkat signifikan dari 1000-an karya pada tahun 2015 menjadi 1.802 dokumen hingga Desember 2016.

Oca menekankan UI memberikan kesempatan yang sama pada pengembangan riset bidang sosial dengan pencapaian tak kalah menggembirakan.

"Dalam rumpun Sosial Humaniora misalnya tema yang berkaitan dengan pendidikan terlihat jauh meningkat. Kita sudah punya 120 penulis atau meningkat hampir 300 persen dalam empat tahun terakhir," tuturnya.

Sementara, publikasi ilmiah bertema strategi manajemen juga sudah dihasilkan 361 publikasi. Dia berharap pencapaian publikasi ilmiah UI sepanjang tahun 2016 makin memacu semangat civitas academia agar terus menghasilkan karya-karya yang berkualitas internasional.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7895 seconds (0.1#10.140)