Polri Terus Dorong Profesionalitas Satpam

Selasa, 20 Desember 2016 - 09:55 WIB
Polri Terus Dorong Profesionalitas Satpam
Polri Terus Dorong Profesionalitas Satpam
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tahun ini digelar secara meriah dan berbeda dari tahun sebelumnya.

Berbagai kegiatan, antara lain gerak jalan, senam, lomba ketangkasan antarkesatuan digelar pada 18 Desember lalu di Lapangan Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Ketua Umum Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) Azis Said mengatakan, kegiatan tahun ini berbeda agar setiap satpam yang tidak ikut serta dalam lomba gerak jalan pun dapat mengikuti kegiatan lainnya.

Sementara itu, Bapak Satpam Indonesia, Awaloeddin Djamin memaparkan peran satpam dalam menjaga keamanan dan ketertiban. “Satpam punya peran besar bantu Polri laksanakan fungsi kepolisian meski terbatas. Negara aman sekarang karena ada satpam,” kata Awaloeddin.

Menurut dia, saat ini tanggung jawab seorang satpam sangat besar dan banyak di antaranya menjadi korban kekerasan pelaku kriminal ketika sedang melaksanakan tugas.

"Objek vital tanggung jawab perusahaan sendiri, bukan Brimob. Kalau kacau, Polri baru turun membantu," ucapnya.

Dia juga mengingatkan akan pentingnya peran Satpam dalam menjaga pabrik, perusahaan, hotel dan tempat umum lainnya.

"Saudara harus bangga walau di perusahaan dianggap bawahan. Kalian semua harus penuhi garda pratama. Kalian orang penting di negara ini. Saudara harus bangga dengan profesi satpam," tuturnya.

Dia pun meminta kepada satpam untuk selalu menjaga nama baik."Jaga nama baik Satpam," tegasnya mengakhiri pemaparannya.

Direktur Bimbingan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Terr Pratiknyo mengatakan kepolisian akan memberikan pelatihan kepada satpam untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan diri satpam. Terr juga menambahkan, perayaan HUT Satpam yang ke-36 tahun ini digelar di Polda Metro Jaya adalah sebagai salah satu wujud implementasi kepedulian Polri terhadap Satpam.

"Satpam itu mendukung Polri dalam melakukan pengamanan. Mereka harus mendapatkan pemahaman bahwa profesi mereka adalah sebuah profesi yang betul-betul bagus," tutur Terr dalam keterangan resminya.

Menurut Terr, nantinya akan ada bentuk kerja sama antara Polri dan satpam dalam bentuk pembinaan. "Mereka dapat pembinaan berupa pengetahuan ke-Satpam-an, pelatihan bela diri, tentang profesionalisme juga tentang pelayanan masyarakat," tuturnya.

Terr berharap kegiatan ini akan mencetak satpam profesional dan andal. "Kita (Polri) selalu memberikan harapan dan agar mereka (satpam) juga bisa memantapkan diri dalam keamanan lingkungan," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6069 seconds (0.1#10.140)