Munarman: Ada Banyak Pelanggaran Aturan dalam Aksi 412

Minggu, 04 Desember 2016 - 19:35 WIB
Munarman: Ada Banyak Pelanggaran Aturan dalam Aksi 412
Munarman: Ada Banyak Pelanggaran Aturan dalam Aksi 412
A A A
JAKARTA - Panglima Front Pembela Islam (FPI) Munarman menyesalkan pelaksanaan Pawai Kebinekaan atau Aksi 412 yang digelar di kawasan bebas kendaraan (Car Free Day) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, pagi hingga siang tadi.

Menurut Munarman, aksi yang mengangkat tema Kita Indonesia itu telah menabrak semua aturan terkait kawasan Car Free Day. (Baca juga: Plt Gubernur DKI Minta Panitia Kita Indonesia Tertibkan Atribut Parpol)

Munarman menilai sulit dibantah bila aksi tersebut beraroma politik. Hal itu dibuktikan kehadiran petinggi partai politik pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Yang itu merupakan pelanggaran terhadap Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur tentang Car Free Day,‎" tutur Munarman di Kantor Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) di Kantor PB HMI, Jalan Sultan Agung, Jakarta, Minggu (4/12/2016).

Menurut dia, dalam Pergub Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaran Bermotor (Car Free Day) diatur tentang larangan kawasan itu digunakan untuk kegiatan politik.

Menurut dia, hal itu menunjukkan pihak yang selama ini menyatakan patuh terhadap hukum dan menggunakan simbol kebangsaan justru melakukan pelanggaran hukum.

Dia juga menilai Aksi 412 telah merusak lingkungan. "Ada orang yang pipis sembarangan di pagar Hotel Indonesia, ada foto yang beredar ya, ada taman yang rusak, ada sampah yang berserakan, ada asap yang akibat genset yang digunakan untuk panggung, jadi saya kira tujuan-tujuan diadakannya Car Free Day itu sudah dilanggar semua," tuturnya.

Menurut dia, kondisi itu ironis karena acara tersebut dihadiri oleh ketua umum dan para kader partai politik.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5632 seconds (0.1#10.140)