ILUNI UI: Penangkapan 10 Aktivis Terduga Makar Harus Dilawan

Jum'at, 02 Desember 2016 - 20:03 WIB
ILUNI UI: Penangkapan 10 Aktivis Terduga Makar Harus Dilawan
ILUNI UI: Penangkapan 10 Aktivis Terduga Makar Harus Dilawan
A A A
JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) mengutuk tindakan kepolisian menangkap 10 aktivis dan tokoh dengan alasan berniat melakukan makar.

Sekjen ILUNI UI Hidayat Matnur mengatakan, hal tersebut adalah pembungkaman demokrasi dan harus dilawan. Menurutnya, saat ini eranya keterbukaan, apa yang dilakukan tersebut adalah ciri rezim tirani.

"Rezim tirani tak boleh ada di era reformasi, kalau rezim mau bangkit alumni UI siap mengemban ampera dengan siap melawan meski nyawa taruhannya. ILUNI UI akan mengajak rakyat dan tentara bersatu melawan rezim tirani tersebut," ujarnya melalui rilis yang diterima Sindonews, Jumat (2/12/2016).

Dia menilai, kebebasan berpendapat harus dijaga karena itulah pilar demokrasi. Tanpa kebebasan berpendapat, lanjut Hidayat, kemajuan dan kesejahteraan adalah omong kosong. "Dan kita akan kembali ke zaman totalitarian kembali," tegasnya.

Sementara, Ketua Bidang Advokasi ILUNI UI Jabal Thariq mengatakan, ILUNI UI siap menawarkan 100 advokat lulusan UI terbaik untuk melakukan pembelaan terhadap aktivis yang ditahan tersebut.

Ketua ILUNI UI Ima Soeriokoesoemo mengatakan, pihaknya serius melakukan advokasi kepada 10 aktivis sebagai sinyal kuat bahwa rezim otoriter yang antikritik tidak boleh hadir kembali di negeri tercinta ini.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6841 seconds (0.1#10.140)