Pemerintah Salurkan Berbagai Jenis Bansos Secara Nontunai

Senin, 14 November 2016 - 10:04 WIB
Pemerintah Salurkan...
Pemerintah Salurkan Berbagai Jenis Bansos Secara Nontunai
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyalurkan berbagai jenis bantuan sosial (bansos). Beberapa di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Kube, Rutilahu, dan bansos sarana lingkungan. Jenis bansos lainnya kepada orang lanjut usia (lansia), kompensasi eks timor-timur, bansos disabilitas, bantuan kendaraan siaga bencana, serta program kesejahteraan sosial anak.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hikmat mengatakan, rumusan bantuan subsidi disalurkan secara nontunai melalui sistem perbankan. Pemberian bantuan subsidi nontunai, terang dia dengan melibatkan perbankan akan mempermudah untuk mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan.

"Mohon keberadaan e-Warong ini bisa dijaga bersama. Meskipun warungnya kecil, tapi manfaatnya sangat besar untuk masyarakat," terang Harry, Jakarta, Minggu, 12 November 2016.

Hingga quartal ke-4 tahun 2016, jumlah bansos yang digelontorkan pemerintah melalui Kemensos di Provinsi Jawa Timur mencapai Rp4,83 triliun. Angka tersebut terbagi dalam berbagai jenis bansos. (Baca: Mensos Ditunjuk Jadi Juri Pahlawan untuk Indonesia 2016)

Jenis bansos yang memperoleh alokasi terbesar adalah beras sejahtera (rastra) sebesar Rp3,73 trilun dengan sasaran sebanyak 2.857.469 keluarga dan program PKH sebesar Rp1,03 triliun kepada 593.600 keluarga. Bansos diberikan kepada 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)