Promosi Jabatan Polri Harus Bersih dari Orang Titipan

Kamis, 15 September 2016 - 18:31 WIB
Promosi Jabatan Polri Harus Bersih dari Orang Titipan
Promosi Jabatan Polri Harus Bersih dari Orang Titipan
A A A
JAKARTA - Polri dinilai sudah saatnya independen dan profesional mengatur dirinya sendiri. Promosi jabatan berdasarkan kepatuhan pada pemegang kekuasaan, tidak cocok lagi.

Misalnya partai politik atau pengusaha yang menitipkan perwira tertentu. Model promosi seperti ini sangat merugikan masa depan korps Bhayangkara itu.

"Untuk mewujudkan kontribusi nyata polisi bagi perwujudan Nawacita, pos-pos penting tentu saja harus dijabat oleh perwira-perwira pilihan," ujar Ketua Masyarakat Anti Korupsi (Marak) Agus Yohanes dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/9/2016).

Menurutnya, seleksi para perwira calon pemangku pos-pos penting penentuannya akan didominasi oleh Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Syafruddin. Seorang Wakapolri memiliki tugas mengatur hubungan internal di internal.

Dia menambahkan, mekanisme yang harmonis harus tercipta antara Divisi Propam, ASDM dan Irwasum untuk mewujudkan sistem yang andal. Mekanisme hubungan ketiga divisi akan baik bila pejabatnya dipilih atas dasar kinerja. (Baca: Polri Mutasi Sejumlah Perwira Tinggi)

"Jabatan itu punya kewajiban tanggung jawab pada pengawasan internal. Sulit berhasil bila pejabat Propam dan ASDM berada di tangan perwira yang tak berkualitas," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)