Usut Penipuan Calon Haji, Empat Penyidik Polri Terbang ke Jeddah

Selasa, 13 September 2016 - 16:44 WIB
Usut Penipuan Calon Haji, Empat Penyidik Polri Terbang ke Jeddah
Usut Penipuan Calon Haji, Empat Penyidik Polri Terbang ke Jeddah
A A A
JAKARTA - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terus mengusut kasus penipuan 700 calon haji yang menggunakan kuota haji Filipina.

Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto menuturkan, saat ini seluruh calon haji sudah berada di Tanah Suci.

"Sudah disepakati kita akan jemput bola, akan diberangkatkan empat anggota kita (Bareskrim) ke Jeddah untuk melacak," ungkap Ari di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Selasa (13/9/2016). (Baca juga: Berangkat Haji dengan Paspor Palsu, 177 WNI Ditahan)

Selain keempat anggotanya, Bareskrim akan mengirim tiga anggota ke Filipina untuk menindaklanjuti keterangan yang dikumpulkan anggota di Arab Saudi.

"Filipina hasil agennya siapa? Nah dari agen di Filipina kita bisa setback dan tracing pemberangkatan yang ada di sini," kata Ari Dono.

Kasus penipuan calon haji Indonesia terungkap pada 19 Agustus 2016. Imigrasi Filipina menahan 177 calon haji Indonesia karena mencurigai paspor yang mereka miliki. Belakangan diketahui sebanyak 177 calon haji itu adalah korban penipuan yang hendak ke Arab Saudi menggunakan kuota haji Filipina.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)