Usung Jokowi Capres 2019, Golkar Incar Posisi Wapres

Minggu, 31 Juli 2016 - 15:48 WIB
Usung Jokowi Capres 2019, Golkar Incar Posisi Wapres
Usung Jokowi Capres 2019, Golkar Incar Posisi Wapres
A A A
JAKARTA - Partai Golkar menjadi satu-satunya partai yang secara aklamatif menyatakan mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 melalui ketetapan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Adi Prayitno menilai, upaya Golkar melakukan dukungan yang terkesan prematur‎ itu sebagai strategi Golkar untuk menyasar simpatisan Jokowi.

Ujung-ujungnya dilakukan untuk mendulang citra Golkar di mata publik. "Dengan dukungan ini publik menilai bahwa Golkar seirama dengan Jokowi," kata Adi saat dihubungi Sindonews, Minggu (31/7/2016).

Selain itu Adi menjelaskan, cara lain Golkar secara prematur mendukung Jokowi adalah untuk mengunci posisi wakil presiden (wapres) pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Cara tersebut dilakukan untuk menutup peluang partai lain yang secara bersamaan ada pretensi mendukung Jokowi pada 2019.

‎"Sebab itu sasarannya adalah RI 2 dengan cepat 'membajak' Jokowi dari PDIP. Sejak reformasi bergulir, Golkar seakan 'dikutuk' karena tak mampu meloloskan kadernya sebagai RI 2‎‎," paparnya.

Bab lain yang perlu dicermati menurut Adi, Golkar tidak mau kehilangan momentum yang tepat untuk menyongsong 2019. Momentum itu dimanfaatkan Golkar untuk mendulang suara pada 2019.

"Figur Jokowi akan mendongkrak elektabilitas Golkar di masa mendatang," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6045 seconds (0.1#10.140)