Dana Desa Dorong Entrepreneurship

Selasa, 03 Mei 2016 - 20:32 WIB
Dana Desa Dorong Entrepreneurship
Dana Desa Dorong Entrepreneurship
A A A
LAMPUNG - Dana desa yang sudah bergulir selama ini seharusnya bisa mendorong entrepreneurship atau kewirausahaan di tingkat desa. Entrepreneurship dinilai mampu mendorong kemajuan masyarakat desa.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ahmad Erani Yustika mengatakan, Presiden berkali-kali menegaskan akan menggeser pembangunan ke daerah yang selama ini tidak mendapatkan perhatian pembuat kebijakan.

Hal itu disampaikan saat sosialisasi dana desa pada seluruh kepala desa (pekon) di Kabupaten Pringsewu, Lampung (3/5/2016). Erani menegaskan aparat dan warga desa harus mampu mendorong lahirnya entrepreneurship di desa untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Menurut dia, jangan sampai warga desa tidak menikmati sumber daya yang dimilikinya. "Sumber daya melimpah, tidak berguna kalau melimpah ke luar karena kepemilikan sumber daya alam tidak dimiliki oleh warga desa. Betul pembangunan memang terjadi jika investor membangun, tapi keuntungan mayoritas dibawa ke luar," katanya.

Entrepreneurship
ini bisa didorong melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Erani mengatakan, masyarakat bisa secara mandiri mengumpulkan modal untuk BUMDes dan juga memanfaatkan dana desa secara proporsional.

Dia menilai salah jika dikatakan modal terbatas di desa. Menurut dia, banyak di desa lain yang menetapkan iuran hanya Rp1000-2000 tapi bisa terkumpul ratusan juta.

"Dari situ kegiatan ekonomi digulirkan. Kata kuncinya kolektivitas, gotong royong, membangun kesadaran bersama. Di desa paling miskin pun bisa mengumpulkan modal," kata Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya ini.

Erani juga menekankan dengan sumber daya desa yang sangat besar, dana desa hanya menjadi pemacu pemberdayaan masyarakat desa.

Dia juga menjelaskan kementeriannya sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan BNI untuk membantu BUMDes dari sisi permodalan dan asistensi bisnis.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5598 seconds (0.1#10.140)