Ini Alasan Muhammadiyah Autopsi Jenazah Siyono

Kamis, 07 April 2016 - 15:41 WIB
Ini Alasan Muhammadiyah Autopsi Jenazah Siyono
Ini Alasan Muhammadiyah Autopsi Jenazah Siyono
A A A
JAKARTA - Aktivis Muhammadiyah Ma'mun Murod Al-Barbasy mengatakan alasan pihaknya melakukan autopsi terhadap jenazah terduga teroris Siyono sifatnya persoalan kemanusiaan. Pasalnya, ada laporan-laporan dari masyarakat yang mencurigai penyebab kematian Siyono.

"Ini hanya soal kemanusiaan, hari ini ditangkap (Siyono) besoknya udah meninggal," ujar Ma'mun Murod di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Selain itu, dengan dilakukan autopsi dapat membuktikan tuduhan-tuduhan yang berkembang di masyarakat penyebab kematian Siyono, sehingga tidak menimbulkan prasangka buruk terhadap Polri.

"Jadi autopsi bisa menjawab siapapun dan hasilnya tidak bisa terbantahkan. Polisi enggak bisa bantah, masyarakat juga tidak bisa seenaknya nuduh," kata Ma'mun Murod.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan sempat mengatakan kalau Polri belum pernah melakukan autopsi terhadap jenazah Siyono karena tidak mendapatkan izin oleh pihak keluarga.

"Saat itu keluarga dan masyarakat enggak menginginkan ada autopsi, maunya langsung dikubur. Karena enggak dapat izin, jadi kita (Polri) tidak autopsi. Karena salah satu syarat autopsi harus ada persetujuan keluarganya," kata Anton di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 5 April 2016.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7692 seconds (0.1#10.140)