Jika Konsolidasi Lancar, Munas Golkar Diprediksi Berlangsung Mei

Jum'at, 25 Maret 2016 - 13:10 WIB
Jika Konsolidasi Lancar, Munas Golkar Diprediksi Berlangsung Mei
Jika Konsolidasi Lancar, Munas Golkar Diprediksi Berlangsung Mei
A A A
JAKARTA - Internal Partai Golkar tengah mencari solusi dari polemik pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) yang bakal digelar sebagai wujud rekonsiliasi antara kubu Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono.

Polemik ini bermula ketika Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi kepengurusan Golkar kubu Agung yang secara otomatis menjadi kemenangan bagi kubu Ical. Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM telah menerbitkan SK kepengurusan Munas Riau yang diberi mandat menyelenggarakan Munas selambat-lambatnya enam bulan dari SK itu diterbitkan.

Politikus Senior Golkar Indra Bambang Utoyo mengatakan, kini bola panas ada di kubu Ical yang menginginkan Munas diselenggarakan atas nama kepengurusan hasil Munas Bali.

Meski menghendaki Munas diselenggarakan oleh kubu Bali, Indra menuturkan, suksesi kepemimpinan itu akan tetap melibatkan kubu Munas Ancol pimpinan Agung Laksono.

"Masih ada usaha rembuk dengan pemerintah agar yang melaksanakan Bali, sesuai dengan keputusan MA. Ical dan Agung juga tengah berkonsolidasi untuk merangkul kubu Ancol. Hasil konsolidasi itu selanjutnya akan diserahkan ke Kemenkumham," ucap Indra saat dikonfirmasi, Jumat (25/3/2016).

Bakal calon ketua umum Golkar ini menambahkan, jika proses lobi dan konsolidasi tersebut berjalan lancar, maka dia memprediksi Munas Partai Golkar bisa digelar pada bulan Mei 2016 mendatang.

"Jika proses ini terjadi, baru Munas bisa berjalan. Bulan Mei insya Allah. Dari sisi Golkar, proses harus dimulai dari Rapimnas. Pak ARB kan ketum terpilih, sebenarnya tak perlu Munas. Tapi beliau menghendaki ada Munas," ucap Indra.

PILIHAN:

Istana Klaim Hubungan Jokowi dan SBY Tak Ada Masalah

Korupsi IPDN Sumbar, KPK Incar Puluhan Vendor
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6773 seconds (0.1#10.140)