Tiga Kriteria Ideal Calon Ketua Umum Golkar

Jum'at, 04 Maret 2016 - 19:10 WIB
Tiga Kriteria Ideal...
Tiga Kriteria Ideal Calon Ketua Umum Golkar
A A A
JAKARTA - Tokoh Senior Partai Golkar Hajriyanto Y Tohari menyebutkan tiga kriteria calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar yang layak maju dalam musyawarah nasional (munas) yang rencananya bakal digelar pada April mendatang.

Sebagai partai yang baru saja mengalami konflik panjang, Tohari mengatakan, sosok pemimpin yang rekonsiliatif adalah yang dibutuhkan partai berlambang pohon beringin itu.

"Ketua umum harus bisa mendamaikan konflik internal yang jalan selama setahun lebih," kata Tohari dalam diskusi Yellow Forum for Young Leader 'Menggagas Profil Kepemimpinan Baru Partai Golkar' di Coffee Institue, Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, Jumat (4/3/2016).

Menurut Tohari, calon Ketum Golkar harus bersih dari korupsi. Baginya secara ideologis, tiap-tiap kandidiat yang kini akan maju dalam bursa pencalonan sudah beres secara ideologis. Namun belum tentu beres dari sisi hukum.

"Kehendak rakyat Indonesia adalah ingin memilih pemimpin nasional yang bersih. Golkar harus bisa menjawab tantangan itu," ucap Tohari.

Kriteria lain yang disebutkan Tohari, ketum harus cerdas secara politik. Baginya, seorang ketum partai harus cerdas memilih pilihan politik yang selama ini hanya terkungkung pada pilihan menjadi pendukung pemerintah dan menjadi oposisi.

"Ini tentu akan jadi tradisi baru dalam dunia politik yang selama ini hanya ada dua, jadi pendukung atau oposisi," tandas Tohari.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0759 seconds (0.1#10.140)