Mengenal Sosok Dubes RI Pertama Penerima Sash of Merit

Kamis, 25 Februari 2016 - 19:48 WIB
Mengenal Sosok Dubes RI Pertama Penerima Sash of Merit
Mengenal Sosok Dubes RI Pertama Penerima Sash of Merit
A A A
JAKARTA - Pada 25 Januari 2016, Deddy Saiful Hadi menerima Sash of Merit dari Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Sash of Merit adalah medali penghargaan yang hanya diberikan kepada duta besar yang dianggap berjasa bagi Pemerintah Qatar. Medali diberikan saat Deddy berpamitan dengan Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani.

Tidak semua dubes mendapatkan medali tersebut. Sash of Merit hanya diberikan kepada dubes yang berkinerja tinggi saat menjalankan tugas di Qatar. Menerima Sash of Merit sudah pasti menjadi kebanggaan tesendiri bagi warga Bogor, Jawa Barat itu.

Deddy memulai karier di Kementerian Luar Negeri pada 1982 sebagai junior diplomat. Lulusan Fakultas Ekonomi Universias Diponegoro itu pertama kali ditempatkan di Kanada sebagai peserta Program Penugasan Pertama untuk Diplomat Yunior di Ottawa pada tahun 1984.

Di sana, dia menjalankan tugas dengan mengikuti kursus bahasa Inggris setengah hari di Carleton University Ottawa. "Kemudian setengah hari sisanya dengan bekerja sebagai internship di berbagai bidang di KBRI Ottawa," kata Deddy dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Rabu 24 Februari 2016.

Deddy mengungkapkan setelah itu dirinya ditugaskan secara penuh sebagai Diplomat Yunior dan diperbolehkan membawa keluarga di Vancouver, BC sampai tahun 1988.

Kemudian Deddy ditempakan di KBRI Bucharest, Romania pada tahun 1991 – 1995. Lalu, KBRI Kuwait City, Kuwait (1997-2001), selanjutnya di Konsulat Jenderal RI San Francisco, AS (2004-2008).

Pasca penugasan di San Francisco, dia kemudian ditempatkan di Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) sebagai seorang asisten deputi dari tahun 2008 sampai 2011.

"Pada 21 Desember 2011, saya dilantik bersama 25 Dubes lainnya oleh Presiden SBY menjadi Dubes RI Qatar yang berkedudukan di Doha," ungkap Deddy.

Pria kelahiran Bandung 62 tahun lalu yang menjanai pendidikan SMP dan SMA di Ciamis ini mulai bertugas secara resmi sebagai Dubes RI di Doha, Qatar sejak penyerahan Surat Credential-nya kepada Emir Qatar waktu itu Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani pada tanggal 1 Februari 2012.

Deddy memiliki dua orang putra yang sudah menikah, yakni Cendy Hadiputranto (33) dan Rendy Hadiputra Hadi (31). Keduanya lulusan San Francisco University, USA pada saat penempatan disana.

"Cendy yang memperoleh Double Degree MBA (S-2) bekerja di Mandiri Investasi sedang adiknya Rendy memperoleh Bachelor on Economics (S-1) mengikuti jejak ayahnya sebagai Diplomat Yunior di Kemlu," katanya.

Dia mengatakan saat ini Rendy memperoleh beasiswa program Masternya di Birmingham University, Inggris. Sementara Istri Rendy, Linda Widiyanti telah menyelesaikan program yang sama pada tahun lalu. "Paling tidak akan terdapat tiga orang dubes di keluarga Dubes Deddy ke depan," katanya.

Saat ini Deddy bersama istrinya, Endang Ratiningsih (58) di kediamannya di Bogor, Jawa Barat. Sesekali pada akhir pekan, Deddy dan istrinya berkumpul dengan kedua anak dan mantunya yang datang dari Jakarta.


PILIHAN:

Ini 10 Dubes RI yang Baru Dilantik Jokowi

Giliran Demokrat Minta Cabut Revisi UU KPK
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4077 seconds (0.1#10.140)