Departemen Kehakiman AS Gelar Pelatihan bagi Aparat Indonesia

Kamis, 28 Januari 2016 - 06:00 WIB
Departemen Kehakiman AS Gelar Pelatihan bagi Aparat Indonesia
Departemen Kehakiman AS Gelar Pelatihan bagi Aparat Indonesia
A A A
JAKARTA - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) telah menggelar sejumlah pelatihan di Indonesia untuk membantu aparat penegak hukum mengadili para pelaku pencurian ikan. Hal itu disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert O Blake jr.

"Departemen Kehakiman AS telah menggelar sejumlah pelatihan untuk para Jaksa dan Hakim di Indonesia. Kami juga menjajaki kemitraan baru dengan interpol untuk membantu Indonesia dalam penegakan hukum di bidang kelautan," ucap Blake saat ditemui di Pusat Kebudayaan AS di Jakarta, Rabu 27 Januari 2016.

Pelatihan ini merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama yang dibuat Indonesia dan AS pada tahun lalu, kala itu Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden AS Barack Obama. Salah satu poin dalam kerja sama tersebut adalah keamanan maritin.

Blake dalam kesempatan yang sama juga menuturkan, kerja sama dalam bidang maritim antara kedua negara, khususnya terkait masalah pencurian ikan telah berdampak besar bagi nelayan di Indonesia. Hal itu dia ketahui saat melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah di Indonesia timur.

"Saya memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Ambon, Ternate, Papua, dan di sana saya berkesempatan untuk berbicara dengan nelayan. Mereka melihat adanya penurunan yang cukup signifikan dalam pencurian ikan. Karena itu, tangkapan para nelayan lebih banyak dan ukuran ikan yang ditangkap juga lebih besar," ucapnya.

"Dan itu artinya kerjasama, tindakan bersama kita di area-area pencurian ikan, bukan hanya menghentikan pencurian ikan secara ilegal, tapi juga meningkatkan penghasilan para nelayan dan juga upaya konservasi," pungkasnya.

PILIHAN:

MUI Imbau Ormas Islam Tak Anarkistis Terhadap Eks Gafatar
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6675 seconds (0.1#10.140)